Peristiwa Penting di Bulan Mulia 'Rajab': Ada Mukzizat Besar

Lifestyle - pgr, CNBC Indonesia
23 January 2023 07:30
Ilustrasi Orion mengorbit Bulan dalam misi Artemis 1 Foto: dok NASA

Jakarta, CNBC Indonesia - Bulan Rajab, menjadi salah satu bulan yang istimewa bagi umat muslin di seluruh dunia. Bulan yang memiliki arti tentang keagungan dan kemuliaan ini ternyata juga menyimpan peristiwa-peristiwa bersejarah dalam islam.

Mengutip DetikCom, berikut sederet peristiwan penting yang dirangkum dari artikel berjudul Kemuliaan Bulan Rajab dan Peristiwa-peristiwa Penting di Dalamnya, yang ditulis Moh Saifuddin dalam situs resmi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban.

1. Siti Aminah mulai mengandung Nabi Muhammad SAW di Bulan Rajab.

Sayyidah Aminah binti Wahab mulai mengandung janin yang kemudian diberi nama Muhammad pada Bulan Rajab. Setelah mengandung selama sembilan bulan, Aminah melahirkan Muhammad pada Bulan Rabi'ul Awwal.

Kelahirannya merupakan rahmat yang Allah SWT hadiahkan kepada alam semesta. Ia adalah Nabi sekaligus Rasulullah. Ia menjadi suri teladan bagi umat Islam. Ia adalah Nabi Muhammad SAW.

2. Isra Miraj

Pada 27 Rajab terjadi peristiwa Isra dan Miraj. Itu merupakan mujizat terbesar yang Allah SWT anugerahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Isra Miraj adalah dua perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam satu malam. Isra adalah perjalan Nabi Muhammad SAW dari Kabah Makkah ke Masjidil Al Aqsa di Yerusalem dengan mengendarai Buraq. Miraj adalah perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Al Aqsa menuju ke langit Ketujuh atau sidratul Muntaha.

Maksud dan tujuan Isra Miraj adalah memuliakan Rasulullah. Kemudian memperlihatkan kepadanya beberapa keajaiban dan tanda kekuasaan Allah SWT. Nabi Muhammad SAW juga menerima perintah salat.

3. Perang Tabuk

Perang Tabuk terjadi pada 10 Rajab tahun 9 Hijriah. Penanggalan tahun Hijriah dimulai setelah Isra Miraj.

4. Wafatnya An-Najasyi

Pada bulan Rajab tahun 9 Hijriah juga, An-Najasyi tutup usia dalam keadaan muslim. Ia merupakan Raja Al-Habasyah.

5. Imam Syafi'i wafat

Imam Syafi'i wafat pada bulan Rajab tahun 204 Hijriah dalam usia 54 tahun. Beliau dimakamkan di Mesir.

6. Khalifah Umar bin Abdil Aziz Wafat

Khalifah Umar bin Abdil Aziz wafat pada bulan Rajab tahun 101 Hijriah. Ia wafat di usia 39 tahun.

7. Pembebasan Baitul Maqdis, Palestina

Pada 27 Rajab tahun 583 Hijriah, Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi membebaskan Baitul Maqdis, Palestina. Ia mempersatukan umat Islam dalam satu ikatan aqidah yaitu ahlussunnah wal jamaah. Kesatuan aqidah melahirkan kesatuan hati.

Kesatuan hati umat Islam menjadi kekuatan dahsyat yang tidak terkalahkan. Ia memerintahkan setiap muazin untuk mengumandangkan aqidah asy'ariyyah setiap hari sesaat sebelum azan subuh.


[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading