Kenali 8 Pemicu Serangan Asam Urat, Bukan Cuma Bayam

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 January 2023 16:55
Ilustrasi kaki bengkak karena asam urat Foto: Cnick via Pixabay

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyakit asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri tak tertahankan, pembengkakan, serta sensasi panas di area persendian.

Jika Anda memiliki faktor risiko penyakit asam urat, alangkah baiknya untuk mewaspadai pemicu asam urat untuk mengendalikannya. Berikut adalah hal-hal yang memicu asam urat kumat.

1. Mengonsumsi makanan tinggi purin

"Makanan tinggi purin dapat memicu serangan asam urat, tetapi itu bukan penyebab utamanya," kata dokter Theodore Fields, profesor kedokteran klinis di Weill Cornell Medical College di New York City, seperti dikutip dari Everyday Health.

Ketika kadarnya berlebih, purin justru akan menyebabkan meningkatnya kadar asam urat di dalam darah. Maka dari itu, membatasi makanan kaya purin dapat membantu mencegah tingginya kadar asam urat yang menjadi tanda penyakit asam urat atau gout. Adapun makanan purin tinggi termasuk daging merah, kerang, dan bayam.

2. Minum alkohol

Minuman beralkohol jenis apa pun dapat memicu serangan asam urat karena menurunkan kemampuan ginjal untuk menyaring asam urat. Minuman beralkohol juga mengandung purin tinggi.

Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, semakin besar kemungkinan serangan asam urat terjadi.

3. Kelebihan berat badan atau obesitas

Kelebihan berat badan ternyata memicu terkena asam urat. Masalah obesitas tidak secara langsung meningkatkan risiko terjadinya penyakit asam urat. Namun, keduanya memang memiliki keterkaitan karena proses yang disebut sindrom metabolik.

"Pasien dengan kondisi ini seringkali juga mengalami peningkatan asam urat dalam darahnya," kata Herbert S.B. Baraf, MD, profesor kedokteran klinis di George Washington University.

4. Minuman Bersoda

Menurut Dr. Fields penyebab asam urat lainnya adalah minum minuman bersoda. Konsumsi makanan atau minuman berpemanis tambahan bisa meningkatkan kadar asam urat. Minuman tinggi gula, seperti soda, terbukti meningkatkan asam urat, baik pada pria maupun wanita.

Minuman soda mengandung sirup fruktosa tinggi. Orang dengan asam urat atau berisiko asam urat sebaiknya mengurangi minum soda.

5. Dehidrasi

Penderita asam urat disarankan menjaga asupan cairan dengan banyak minum air putih.

Asam urat sendiri kerap dikaitkan dengan batu ginjal. Ahli mengatakan bahwa risiko batu ginjal makin tinggi saat mengalami dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi, minumlah cukup air, terutama jika Anda banyak berkeringat karena berolahraga atau dalam cuaca panas.

6. Cuaca panas

Cuaca panas bisa menjadi faktor risiko asam urat karena berkeringat bisa menyebabkan kehilangan cairan ekstra dari tubuh. Kondisi ini diyakini membuat kristal asam urat semakin terkonsentrasi dalam cairan sendi.

Alasan pasti di balik hubungan tersebut belum sepenuhnya diketahui, tetapi para ahli meyakini hal tersebut berkaitan dengan dehidrasi.

Intinya, jika menderita asam urat, Anda harus tetap terhidrasi untuk mencegah serangan asam urat yang berhubungan dengan cuaca saat berada di lingkungan yang panas atau kering.

7. Ukuran sepatu yang tidak pas

Pemicu asam urat lainnya bisa jadi karena pemakaian ukuran sepatu yang kurang tepat. Kerusakan pada satu area kaki bisa mengakibatkan penderita asam urat rentan mengalami nyeri.

Sepatu yang menggesek jari kaki dapat menyebabkan serangan asam urat. Jadi sebaiknya pastikan area jari kaki sepatu Anda cukup lebar untuk memberi ruang gerak pada kaki Anda tanpa sehingga tidak terjepit atau bergesekan.


8. Genetika

Meskipun tidak ada yang dapat kita lakukan tentang genetika, perlu dicatat bahwa ini merupakan faktor risiko besar untuk mengalami asam urat. Faktanya, satu dari empat orang yang menderita asam urat memiliki riwayat keluarga dengan kondisi tersebut.

Jika memiliki faktor risiko genetik, yang bisa Anda lakukan yakni mengubah kebiasaan makan dan gaya hidup secara keseluruhan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Punya Asam Urat? Ini Menu yang Direkomendasikan Ahli


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading