Jangan Sepelekan Ya, Ini Gejala Flu & Cara Mengobatinya

Lifestyle - Linda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
09 January 2023 14:45
Bedah Gejala Covid-19, varian Omicron dan Flu Biasa Foto: Ilustrasi penderita flu (Aristya Rahadian Krisabella/CNBC Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Flu atau influenza merupakan penyakit yang sering dialami banyak orang. Flu adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru.



Penderita flu dapat mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk. Gejala flu lebih parah dan menyerang secara mendadak.

Dr Joseph Khabbaza, dokter perawatan paru dan kritis di Cleveland Clinic di negara bagian Ohio, AS mengatakan bahwa gejala flu ringan bahkan bisa berlangsung selama berminggu-minggu.

Gejala flu yang khas meliputi:

- hidung meler atau tersumbat
- batuk
- sakit tenggorokan
- sakit kepala ringan
- bersin

Berapa lama pilek bertahan?

Gejala flu dapat berlangsung tujuh hingga 10 hari dan mungkin paling menular dalam empat hingga lima hari pertama, kata Dr Maria Eugenia Petrini, direktur medis jaringan terintegrasi klinis di Nemours Children's Health di negara bagian Delaware, AS.

Bisakah Anda terkena flu karena cuaca dingin?

Peneliti dari Northeastern University di Boston, Massachusetts mempelajari sampel hidung dan menemukan mekanisme kekebalan di hidung bekerja secara berbeda pada suhu yang berbeda.

Pada suhu 37 derajat Celcius (98,6 derajat Fahrenheit), hidung berhasil menghalangi virus masuk ke dalam tubuh. Para peneliti menemukan bahwa penurunan suhu 5 derajat saja menyebabkan penurunan aktivitas kekebalan sebesar 50%.

"Studi kami benar-benar terfokus pada pencegahan, paparan awal itu dan bagaimana meningkatkan pertahanan Anda," kata penulis utama Mansoor Amiji, profesor ilmu farmasi di Northeastern University.

Cara mengobati flu ringan

Tidak seperti infeksi bakteri, antibiotik tidak berdampak pada virus pernapasan. Ini berarti hal terbaik untuk dilakukan adalah minum banyak cairan dan istirahat saat virus berjalan dengan sendirinya, kata Petrini.

Sementara banyak orang mengandalkan pereda nyeri untuk meredakan gejala flu, kekurangan obat bebas untuk anak-anak di beberapa bagian dunia telah membuat beberapa orang tua khawatir. Namun pakar kesehatan mengatakan ada cara untuk mengobati pilek di rumah tanpa obat, seperti:

- Minum banyak cairan: Cairan bening seperti air adalah yang terbaik. Para ahli juga merekomendasikan jus apel hangat atau limun untuk anak kecil.

- Tetap nyaman: Kenakan pakaian longgar atau mandi air hangat jika Anda demam. Hindari mandi air dingin yang dapat membuat Anda menggigil dan menaikkan suhu tubuh.

- Istirahat yang cukup.

Apa yang bisa memperburuk flu?

Apa pun yang melemahkan sistem kekebalan tubuh dapat mencegah Anda menjadi lebih cepat sembuh, kata pakar kesehatan. Ini termasuk aktivitas fisik, stres berat, merokok, dan mengonsumsi alkohol.

"Anda dapat memperpanjang waktu pemulihan jika Anda tidak memberi diri Anda waktu ekstra untuk pulih," kata Petrini.

Kapan Anda dapat kembali ke aktivitas sehari-hari setelah flu?

Pakar kesehatan mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah saat sakit untuk mencegah penularan virus di ruang publik.

"Orang-orang mengira mereka dapat melanjutkan kehidupan rutin mereka. Tetapi jika Anda masuk angin, Anda sedang melalui proses viral yang menular. Tinggal di rumah saat Anda merasa sakit adalah hal yang benar untuk dilakukan untuk diri sendiri dan orang lain juga," kata Petrini.

Setelah satu atau dua minggu, tidak apa-apa untuk mulai kembali ke aktivitas sehari-hari meskipun masih ada beberapa gejala flu yang tersisa. Tetapi penting untuk memperhatikan keterbatasan tubuh Anda.

Orang dewasa yang berencana untuk kembali ke kantor harus mengikuti saran dokter.

"Mereka harus bebas demam selama 24 jam dan gejalanya harus membaik," kata Petrini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sering Dianggap Sehat, 5 Makanan Ini Ternyata Rusak Paru-paru


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading