FOTO

Potret Suku Bajo, 'Avatar' Asli dari Indonesia

Lifestyle - Getty Images, CNBC Indonesia
22 December 2022 16:40
Suku Bajo asal Indonesia menjadi inspirasi film Avatar 2: The Way of Water.

Saat ini Suku Bajo tengah menjadi trending dalam pencarian Google. Bukan tanpa sebab hal ini karena suku yang berasal dari Pulau Sulawesi, Indonesia tersebut menjadi inspirasi film Avatar 2: The Way of Water. (Andry Denisah/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

Suku Bajo memiliki karakteristik kemaritiman cukup kental. Saat ini mereka tersebar di beberapa wilayah perairan Sulawesi, Kalimantan Timur, Maluku, Nusa Tenggara, hingga ke pantai timur Sabah (Malaysia) dan Kepulauan Sulu (Filipina) Suku Bajo terkenal dengan ciri khasnya yang nomaden sehingga suku ini biasa dikenal dengan "sea gypsy". ( Andry Denisah/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

Saat ini banyak dari Suku Bajo yang sudah menetap. Mereka membangun rumah di atas laut yang kemudian dibuatkan jalan ke pemukiman mereka. (Andry Denisah/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

Seorang perempuan Bajo berdiri sambil mengayuh perahunya saat mengantarkan anaknya ke sekolah. Orang Bajo adalah suku bangsa Indonesia yang hidup di laut di seluruh wilayah Indonesia. (Photo by Andry Denisah/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

Sutradara Avatar 2, James Cameron menuturkan, budaya dan arsitektur khas orang Bajo tersebut lalu dihadirkan dalam sekuel Avatar lewat sosok Suku Metkayina, salah satu suku Na'vi atau Avatar yang mendiami laut di Pandora. (Andry Denisah/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

Anak-anak di Suku Bajo sudah pandai menyelam sejak usia dini. Mereka kuat berada di dalam air untuk waktu yang lama meski tanpa bantuan alat selam. (Photo by Andry Denisah/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

Dalam film Avatar 2, orang Metkayina digambarkan kuat menyelam di kedalaman laut dalam waktu lama. Tsireya, anak dari suku Metkayina, mengajarkan Lo'ak, anak Jake dan Neytiri untuk tahan menyelam lebih lama dengan cara melambatkan denyut jantung. (Andry Denisah/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading