FOTO

Puncak Resepsi Kaesang-Erina Begini Busana Singkepan

Lifestyle - Tangkapan Layar Youtube CNN Indonesia, CNBC Indonesia
11 December 2022 21:56
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono menjalani acara resepsi atau tasyakuran pernikahan sesi kedua atau sesi malam.
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tiba di Puro Mangkunegaran, Solo. Keduanya akan menjalani acara resepsi atau tasyakuran pernikahan sesi kedua atau sesi malam. (Tangkapan Layar Youtube CNN Indonesia)
Dilihat di kanal Youtube CNN Indonesia, Minggu (11/12/2022), Kaesang dan Erina nampak sudah mengenakan beskap merah dengan motif bunga keemasan di bagian tengahnya. Kali ini, Kaesang nampak mengenakan tutup kepala Sultan Mataram berwarna hitam dan dibalut motif keemasan. (Tangkapan Layar Youtube CNN Indonesia)
Kaesang nampak menggunakan penutup kepala khas raja-raja Mataram Islam atau yang juga dikenal dengan kuluk atau kupluk. (Tangkapan Layar Youtube CNN Indonesia)
Kuluk ini sendiri awalnya memiliki makna sebagai penguat pengakuan sebagai raja Jawa di dunia Islam. Dulu kala, Raden Rangsang atau Susuhunan Agung Hanyakrakusuma mengirim utusan ke Kesultanan Utsmani di daerah yang kini di Turki. (Tangkapan Layar Youtube CNN Indonesia)
Nampak Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi mendampingi kedua mempelaimengenakan adat Jawi jangkep hitam. (Tangkapan Layar Youtube CNN Indonesia)
Dalam sejumlah catatan sejarah, utusan Mataram Raden Rangsang diberi gelar Sultan Abdullah Muhammad Maulana Jawi Matarami oleh Sultan Murad.Pemberian gelar itu juga dibarengi dengan sebuah tarbusy atau tutup kepala yang akrab dalam budaya Utsmani sebagai mahkota. (Tangkapan Layar Youtube CNN Indonesia)
Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading