Syahdu, Erina & Kaesang Lakukan Upacara 'Cuci Kaki'

Lifestyle - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
10 December 2022 17:35
Prosesi pencucian kaki pengantin pria kaesang oleh istrinya Erina. (Tangkapan layar Youtube Presiden Joko Widodo) Foto: Prosesi pencucian kaki pengantin pria kaesang oleh istrinya Erina. (Tangkapan layar Youtube Presiden Joko Widodo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kaesang Pangrangep putra bungsu Presiden resmi menikah dengan Erina Gudono. Dalam prosesi, setelah akad nikah prosesi dilanjutkan dengan temu manten.

Setelah berganti baju, pasangan ini kembali ke area pelaminan. Kaesang dan Erina berbalut pakaian adat Jawa yang berwarna coklat berbeda dari saat akad nikah yang bernuansa putih.

Selain itu Kaesang dan Erina juga melakukan serangkaian tradisi adat, salah satunya ranupada atau wijikan.

Wijikan atau Ranupada adalah prosesi pengantin wanita mencuci kaki pengantin pria yang biasanya ada di adat pernikahan Jawa. Namanya Upacara Mecah Tigan.

Terlihat Kaesang melangkah pada sebuah baki yang bertabur bunga, lalu kedua kaki langsung dibasuh oleh Erina.

"Mempelai langsung membasuh kaki suami penanda bahwa istri mendudukan suami sebagai pemimpin keluarganya," kata MC yang memandu acara.

Prosesi Wijikan ini berasal dari zaman kerajaan Jawa khususnya Yogyakarta. Namun seiring dengan waktu menyebar ke seluruh masyarakat menjadi prosesi pernikahan khas Yogyakarta.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Kaget! Ini Aturan 'Wajib' di Pernikahan Kaesang-Erina


(haa/haa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading