5 Sekolah Mahal di Jakarta, Bayarannya Ratusan Juta Setahun!

Lifestyle - Linda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
30 November 2022 18:45
Infografis/Terbaru! Aturan Sekolah Wilayah PPKM Level 3 Luar Jawa-Bali/Aristya Rahadian Foto: Ilustrasi kegiatan belajar dan mengajar di sekolah (Aristya Rahadian/CNBC Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik bagi anaknya khususnya dalam bidang pendidikan. Tidak heran, banyak orang tua di luar sana yang rela mengeluarkan kocek hingga ratusan juta, bahkan miliaran rupiah untuk menyekolahkan anaknya.

Sama seperti di luar negeri, beberapa sekolah di Indonesia juga menawarkan harga yang sangat mahal untuk biaya sekolahnya. Namun, biaya yang ditawarkan itu tentunya sebanding dengan kualitas pendidikan dan fasilitas yang diberikan oleh sekolah.



Berikut adalah daftar sekolah mahal yang biayanya bisa mencapai ratusan juta rupiah per tahun dirangkum CNBC Indonesia:

1. New Zealand Independent School (NZIS)

Menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB), New Zealand Independent School (NZIS) menerapkan gaya belajar yang riang dan tidak terpaku kepada akademik.

Sekolah ini memiliki tim guru yang didominasi warga negara asing sehingga bahasa Inggris yang digunakan haruslah aktif, kecuali guru bahasa Indonesia. Salah satu program pembelajaran yang menarik di NZIS adalah penekanan integrasi dan kerja sama siswa satu siswa lain.

Para siswa juga bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti berenang dan olahraga yang diadakan setiap seminggu sekali.

Berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan, sekolah ini menerapkan kelas berukuran kecil yang hanya diisi maksimal 20 murid. Di setiap kelas, ada dua pengajar yakni guru utama dan guru pendamping, yang akan membimbing proses belajar murid.

Seperti dilansir dari portal resminya, berikut adalah total biaya sekolah di New Zealand School Jakarta untuk tahun ajaran 2022-2023:

Annual plan: Kelas 1-6: Rp201,5 juta
Half-year plan: Kelas 1-6: Rp209,5juta
Termly Plan: Kelas 1-6: Rp217,5 juta

2. ACG School Jakarta

Berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sekolah ini merupakan milik Academic Colleges Group yang berbasis di New Zealand. Menerima murid mulai usia 3 hingga 17 tahun, ACG School Jakarta menerapkan kurikulum University of Cambridge International Examinations. Fasilitas sekolah berstandar internasional meliputi auditorium, laboratorium, pusat teknologi serta athletic track.

Selama bersekolah di sini, semua siswa mendapat makan siang bergizi yang disiapkan oleh perusahaan katering ternama di Jakarta dengan menu yang didistribusikan lewat email setiap dua minggu.

Tak cuma itu, sekolah ini juga memiliki konselor serta psikolog bersertifikat yang siap membantu semua siswa dalam menghadapi tantangan yang mereka hadapi sehari-hari.

Dengan kurikulum dan fasilitas berstandar internasional, tak heran kalau bersekolah di sini butuh biaya fantastis. Biaya SPP untuk jenjang pendidikan SD saja mencapai Rp 235 juta hingga Rp 310 juta. Biaya ini belum termasuk biaya pembangunan sebesar Rp 37,6 juta, biaya transport Rp 19,3 juta, dan biaya untuk English Language Support (ELS) setiap semesternya sebesar Rp 37 juta.

3. Jakarta Intercultural School (JIS)

JIS masuk dalam jajaran sekolah dengan biaya pendidikan termahal. Sekolah yang terletak di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, ini menerapkan program International Baccalaureate (IB) diploma dan Advanced Placement (AP).

Selain itu fasilitas yang ditawarkan juga tidak main-main. Diketahui JIS memiliki fasilitas seperti studio seni, auditorium, laboratorium komputer, perpustakaan, ruang musik, laboratorium sains, kolam renang, dan lapangan tenis.

Para orang tua harus menyiapkan uang sekitar Rp496,5 juta per tahun. Total biaya pendidikan tersebut sudah termasuk uang masuk Rp22 juta per tahun, uang pendaftaran Rp5 juta, uang pengembangan sekolah Rp54,6 juta per tahun dan uang sekolah sebesar Rp419 juta per tahun.

Tak hanya itu, ada juga biaya tambahan untuk aktivitas sekolah seperti LEAD Week, international sporting and cultural trips, perjalanan terkait mata pelajaran tertentu, ujian IB dan AP, kelulusan, instrumen musik, dan lain-lain.

Para orang tua juga mengeluarkan biaya lainnya yaitu untuk transportasi sekolah dengan biaya mencapai Rp72,8 juta.

4. British School Jakarta

Sekolah yang berlokasi di Bintaro ini didirikan di bawah perlindungan kedutaan besar Britania Raya pada tahun 1973 di Jakarta. Sekolah ini dilengkapi fasilitas mewah, termasuk lima lapangan tenis, kolam renang standar olimpiade, lapangan basket, lapangan voli, gym, studio seni, dan studio tari.

Tak cuma itu, sejak Januari 2019, British School Jakarta telah bermitra dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) dalam pengenalan pelatihan dan perangkat compassionate systems.

Dengan semua fasilitas dan keunggulan tersebut, orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di sini harus siap merogoh kocek yang sangat besar bahkan lebih dari Rp 300 juta per tahunnya.

Berikut adalah perincian biaya pendidikan di British School Jakarta seperti dikutip dari situs resminya:

* Biaya pendaftaran sebesar Rp 4 juta dan apabila diterima, wajib membayar Uang Jaminan sebesar Rp 30 juta;
* Siswa baru di Kelas 12 dan 13, juga wajib membayar Uang Pendaftaran (untuk program International Baccalaureate - IB) sebesar Rp 30 juta;
* Uang pembangunan untuk kelas 11-13: Rp 55 juta per satu tahun;
* Uang sekolah, pelunasan dapat dilakukan per semester ataupun per tahun. Perincian biayanya:
* Tingkat Pendidikan 1 (kelas 1 dan 2): Rp 291,469 juta per tahun
* Tingkat Pendidikan 2 (kelas 3 hingga 6): Rp 308,521 juta per tahun
* Tingkat Pendidikan 3 (kelas 7 hingga 9): Rp 353,499 juta per tahun
* Tingkat Pendidikan 4 (kelas 10 dan 11): Rp 353,499 juta per tahun.

5. Binus School Simprug

Tidak seperti Sekolah Dasar (SD) pada umumnya, di Binus International School Simprug siswa SD hanya belajar sampai kelas 5 saja. Menganut kurikulum International Baccalaureate (IB), Binus mendukung para siswa untuk memiliki pikiran terbuka dan kreativitas yang tinggi.

Dengan hal tersebut, sekolah ini berpeluang untuk menciptakan siswa dengan pengetahuan, pemahaman, keterampilan untuk berpikiran internasional. Menurut laman resmi sekolah, 25% alumni Binus School berhasil diterima di sejumlah universitas di Amerika Serikat.

Jika ingin memasukkan anak ke sekolah ini, orang tua harus menyiapkan total biaya dari masuk tingkat 1 hingga lulus sebesar Rp 684 juta menurut data 2021. Biaya ini terdiri dari 144 juta uang pangkal dan biaya sekolah dari tingkat 1 hingga lulus sebesar Rp 540 juta.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Rahasia Jebolan Sampoerna University Mudah Dapat Kerjaan


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading