10 Jurusan Kuliah dengan Gaji Terendah, Ada Jurusanmu?

Lifestyle - Rindi Salsabilla, CNBC Indonesia
23 November 2022 15:25
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di SDN Pondok Cina 1, Depok, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah tersebut sudah satu minggu berlangsung tanpa guru dan digantikan oleh relawan atau wali murid, disebabkan protes terkait relokasi sekolah. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di SDN Pondok Cina 1, Depok, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah tersebut sudah satu minggu berlangsung tanpa guru dan digantikan oleh relawan atau wali murid, disebabkan protes terkait relokasi sekolah. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jurusan yang dipilih ketika menempuh pendidikan di perguruan tinggi sebagian besar dipercayai mampu mempengaruhi jalur dan perjalanan karier seseorang. Tak jarang, banyak orang yang memilih jurusan kuliah dengan harapan akan memperoleh bayaran atau gaji tinggi di masa depan.

Dilansir dari Indeed, terdapat 10 jurusan perguruan tinggi dengan gaji terendah berdasarkan Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS). Apa saja?

1. Perhotelan dan Pariwisata

Jurusan perhotelan dan pariwisata mempersiapkan mahasiswanya untuk berkarier di bidang pengelolaan hotel, restoran, dan lainnya dalam sektor pariwisata. Industri ini menawarkan gaji per tahun rata-rata US$24,470 atau sekitar Rp384 juta (asumsi kurs Rp15.704/US$) yang dikategorikan ke dalam tiga kelompok:

  1. Agen Perjalanan

  2. Penginapan

  3. Restoran

Terdapat pilihan karier populer di jurusan perhotelan dan pariwisata, yaitu agen perjalanan, perencanaan acara, dan manajer hotel. Jurusan perhotelan dan pariwisata juga dapat memperoleh posisi dalam layanan pelanggan, penjualan, pemasaran, dan akuntansi.

2. Teologi dan Agama

Dalam jurusan teologi dan agama, mahasiswa akan mempelajari berbagai teks agama serta hubungan antara manusia dan agama. Jurusan dengan prospek karier menjadi pendeta, pendeta pemuda, misionaris, profesor seminari, mengajar, hingga pelayanan publik ini disebut memiliki gaji rata-rata US$31,630 atau sekitar Rp496 juta per tahun.

Lulusan teologi dan agama dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah hukum karena memberikan pelatihan pemikiran kritis, etika, dan filsafat.

3. Desain dan Seni Terapan

Jurusan desain dan seni terapan sangat ideal untuk individu yang kreatif dan artistik. Mahasiswa jurusan bidang ini memiliki kesempatan untuk bekerja dengan bisnis dan individu untuk merancang berbagai gambar dan produk.

Dengan gaji rata-rata US$49,290 atau sekitar Rp774 juta per tahun, karier khusus dalam industri desain dan seni terapan meliputi:

  1. Perancang busana

  2. Perancang permainan

  3. Perancang grafis

  4. Ilustrator

  5. Interior desainer

4. Seni Visual dan pertunjukan

Seni visual dan pertunjukan memiliki kemiripan dengan jurusan desain dan seni terapan karena kedua jurusan tersebut mengutamakan kreativitas para mahasiswanya. Pada jurusan seni visual dan pertunjukkan, terdapat sejumlah konsentrasi minat yang dapat diambil, yaitu.

  1. Menggambar

  2. Lukisan

  3. Memahat

  4. Tarian

  5. Akting

  6. Desain grafis

  7. Fotografi

Jurusan dengan prospek karier menjadi fotografer, pelukis, hingga penari ini memiliki gaji rata-rata US$50,550 atau sekitar Rp793 juta per tahun.

5. Pekerjaan Sosial

Jurusan kuliah social work atau pekerjaan sosial memberikan para mahasiswanya pengetahuan dan keterampilan untuk membantu banyak orang dalam berbagai jenis keadaan, seperti mengevaluasi dan memberikan perawatan bagi orang yang menunjukkan gangguan mental hingga bantuan pasca bencana.

Jurusan pekerjaan sosial memiliki banyak pilihan konsentrasi minat yang dapat dipilih, seperti anak-anak, keluarga, sekolah, kesehatan mental, dan kesehatan

Disebutkan, karier dengan gaji rata-rata US$56,750 atau sekitar Rp891 juta per tahun ini bervariasi menurut populasi dan lokasi sehingga memiliki fleksibilitas dalam lingkungan kerja pekerja sosial.

6. Guru Pendidikan Dasar

Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di SDN Pondok Cina 1, Depok, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah tersebut sudah satu minggu berlangsung tanpa guru dan digantikan oleh relawan atau wali murid, disebabkan protes terkait relokasi sekolah. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di SDN Pondok Cina 1, Depok, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Guru yang mengambil jurusan pendidikan dasar dilatih untuk mendidik anak-anak dari taman kanak-kanak hingga kelas lima. Beberapa tanggung jawab seorang guru sekolah dasar, meliputi menyediakan ruang kelas yang ramah dan menarik, menyediakan bahan ajar, dan membimbing siswa dengan metode yang berbeda.

Berdasarkan Biro Statistik Tenaga Kerja AS, guru pendidikan dasar memperoleh gaji rata-rata US$59,670 atau sekitar Rp937 juta per tahun.

7. Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

Pada sekolah dasar, menengah, dan atas, terdapat guru pendidikan jasmani dan kesehatan untuk membantu para siswa mempelajari pentingnya kesehatan dan kebugaran jasmani.

Di AS, setelah lulus dengan gelar pendidikan jasmani, para pendidik dengan gaji rata-rata US$59,670 atau sekitar Rp937 juta per tahun ini harus mendapatkan sertifikasi dari negara untuk dapat bekerja di lingkungan sekolah.

8. Psikologi

Mahasiswa jurusan psikologi mempelajari ilmu otak manusia serta perilaku manusia. Hingga saat ini, peran psikologi sangat dibutuhkan menyusul dengan semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat dunia terkait kesehatan mental.

Menurut Badan Statistik AS, psikolog di negara tersebut memperoleh gaji rata-rata US$78,200 atau sekitar Rp1,2 miliar per tahun. Dalam kariernya, ada berbagai jenis psikolog, seperti psikolog klinis, penyuluhan, sekolah, hingga industri-organisasi.

9. Sosiologi

Jurusan sosiologi menawarkan kesempatan para mahasiswanya untuk mempelajari masyarakat dengan menganalisis interaksi dan perilaku manusia. Umumnya, seorang sosiolog berfokus pada interaksi kelompok, seperti kelompok dan organisasi agama, politik, dan budaya.

Jurusan sosiologi memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari keterampilan berpikir kritis, keterampilan penelitian, keterampilan analitis, dan keterampilan komunikasi. Disebutkan, seseorang dengan lulusan sosiologi dapat memiliki gaji rata-rata US$83,420 atau sekitar Rp1,3 miliar per tahun.

10. Administrasi Kesehatan

Jurusan ini berfokus pada pengelolaan operasi yang terkait dengan berbagai fasilitas kesehatan. Umumnya, administrator perawatan kesehatan bertanggung jawab untuk mengelola staf, catatan kesehatan, dan catatan keuangan rumah sakit, klinik, atau organisasi perawatan kesehatan lainnya.

Posisi yang populer di bidang ini meliputi:

  • Manajer informasi kesehatan

  • Pengurus klinik

  • Pengurus panti jompo

  • Koordinator Pemberhentian Rumah Sakit

Berdasarkan catatan Biro Statistik Tenaga Kerja AS, seorang yang berkarier di bidang administrasi kesehatan memperoleh gaji rata-rata US$100,980 atau sekitar Rp1,5 miliar per tahun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

10 Jurusan Ini Paling Disesali Mahasiswa Setelah Lulus


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading