10 Alasan Anak Berbohong Menurut Ahli Parenting

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
21 November 2022 18:12
Ilustrasi anak sedih (Freepik) Foto: Ilustrasi anak sedih (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Berbohong merupakan perilaku buruk yang sayangnya pernah dilakukan oleh hampir semua orang, termasuk anak-anak. 

Melansir dari laman Rising Children, anak-anak yang berusia 4 hingga 6 tahun sudah mengerti cara berbohong. Mereka juga mulai berbohong dengan mencocokkan ekspresi wajah dan nada agar orang yang dibohongi lebih mempercayainya.

Menurut Psikolog Anak, Samanta Elsener, ada banyak alasan mulai berbohong. Saat anak mulai bisa berbohong, mereka akan terus melakukan hal ini dan mengulangnya setiap dua jam sekali.

Melansir dari laman Parenting For Brain dan Child Mind Institute, ada beberapa hal yang menyebabkan anak berbohong. Berikut ini ulasannya:

1. Menghindari hukuman

Terkadang anak berbohong untuk menghindari hukuman. Perilaku berbohong yang disengaja ini terkadang dipengaruhi oleh bagaimana mereka memandang konsekuensi negatif dari mengungkapkan kebenaran dan konsekuensi positif dari mengatakan yang sebenarnya.

2. Ingin mendapat perhatian

Kebohongan yang terang-terangan adalah kebohongan yang dilakukan untuk mencari perhatian. Ketika anak berbohong secara terang-terangan, mereka tahu bahwa mereka akan mendapatkan perhatian karena orang lain tahu yang sebenarnya.

Informasi selengkapnya di >>> sini


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading