Menkes Curhat, Jadi Bankir Banyak Duit Tapi Gak Happy

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
29 October 2022 20:10
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Tangkapan Layar Youtube) Foto: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin curhat soal kehidupannya sejak beralih profesi. Menurut BGS, sapaan akrabnya, ia lebih bahagia sejak menjabat sebagai menteri. 

"Saya dulu jadi bankir duitnya banyak, tapi jadi menkes lebih bahagia karena merasa lebih sehat," ujarnya, saat berbicara dalam acara Demi Indonesia pada Sabtu (29/10/2022), yang diselenggarakan untuk memeringati Hari Sumpah Pemuda. 

Seperti diketahui, Budi merupakan menkes kedua di Indonesia yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dokter setelah Mananti Sitompul yang pernah merangkap jabatan sebagai menteri kesehatan pada era Presiden Soekarno.

Sebelum ditunjuk mengurusi urusan kesehatan rakyat Indonesia, Budi pernah menjabat sebagai direktur utama Bank Mandiri periode 2013-2016. Ia juga tercatat pernah bekerja di Bank Danamon.

Pria berusia 54 tahun ini merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan teknik nuklir. Ia menggantikan Terawan Agus Putranto di Jabatan Menteri Kesehatan sebelumnya. 

Berbicara di depan audiens yang mayoritas anak muda, Budi mengaku banyak mendapat pelajaran baru soal kesehatan. Menurut dia, ada banyak penyakit yang sebenarnya bisa dicegah sedini mungkin kalau saja masyarakat Indonesia mau melakukan tindakan preventif dan memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. 

"Orang Indonesia itu enggak mau periksa ke dokter karena takut menghadapi kenyataan," ujarnya. 

Akibatnya, seringkali penyakit baru disadari ketika sudah memasuki stadium lanjut, sehingga kemungkinan untuk sembuhnya menjadi makin kecil. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mengenal Fomepizol, Obat Gagal Ginjal Akut yang Dipesan RI


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading