5 Raja Terkaya di Dunia, Hartanya Tak Habis 7 Turunan

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 October 2022 18:15
ROME, ITALY - SEPTEMBER 29: A woman walks past a statue of Roman emperor Caesar Augustus on September 30, 2020 in downtown Rome, Italy.  Italy is likely to extend a state of emergency to help keep the coronavirus crisis under control as the government looks to avoid the surge in new cases hitting other European countries. Picture taken September 29, 2020. (Photo by Max Rossi/Getty Images) Foto: Patung Augustus Caesar - Getty Images/Max Rossi

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa negara di dunia masih menerapkan sistem monarki, di mana negara dipimpin oleh raja atau ratu yang berkuasa. Meski demikian, terkadang raja dan ratu di sebuah negara hanya menjadi simbol, sementara pemerintahan tetap dipegang oleh seorang perdana menteri. 

Terlepas dari hal itu, raja dan ratu biasanya memiliki harta dan kekayaan melimpah yang dirawiskan secara turun-temurun. Tidak hanya itu, para raja juga memiliki banyak aset seperti istana dan tanah luas yang membuat mereka menjadi super kaya.

Berikut adalah 5 raja terkaya di dunia yang hartanya tidak habis 7 turunan:

1. Genghis Khan

ULAANBAATAR, MONGOLIA - APRIL 04: A view from the statue of Genghis Khan in Ulaanbaatar, Mongolia on April 04, 2022. Mongolia is among the countries that tourists from all over the world wonder about with its steppes. One of the first stopovers for those who come to this geography is the capital city of Ulan Bator. The 40-meter-high Genghis Khan Statue, located in the Tsonjin-Boldog region, an hour away from the capital, attracts the attention of visitors. Visitors to the monument made of stainless steel can take the elevator to the upper part of the statue. (Photo by Sergen Sezgin/Anadolu Agency via Getty Images)Foto: Patung Genghis Khan di Mongolia. - Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency

Genghis khan yang memiliki nama asli Temujin merupakan seorang pemimpin atau Raja Mongol yang berkuasa hingga akhir hidupnya di tahun 1227. Di masa pemerintahannya, Kekaisaran Mongol mencapai puncak kejayaan.

Genghis Khan berhasil menaklukkan wilayah Eurasia yang meliputi Korea, China, Rusia, Eropa Timur, Persia, Asia Tenggara, hingga Timur Tengah. Dengan wilayah kekuasaan seukuran Afrika, Kaisar Mongol ini ditaksir memiliki kekayaan hingga USD100 triliun.

2. Kaisar Shenzong

Raja terkaya sepanjang sejarah selanjutnya adalah Kaisar Shenzong yang merupakan kaisar China pada masa Dinasti Song. Sang kaisar berhasil membawa China menguasai perekonomian dunia. Pada masa pemerintahannya di tahun 1067 hingga 1085, Kaisar Shenzong sukses menguasai 25 hingga 30 persen perekonomian dunia.

Jumlah kekayaannya digadang-gadang lebih dari USD30 triliun. Dia pintar dalam menerapkan sistem kebijakan ekonomi seperti pemungutan pajak dan membangun kesejahteraan rakyatnya.

Selain itu, kemajuan Dinasti Song dalam sektor ekonomi juga dibuktikan dengan pencetakan uang kertas pertama di dunia. Hal itulah yang membuat Dinasti Song memegang peranan perekonomian terkuat selama 319 tahun pemerintahannya, yaitu dari tahun 960 hingga 1279.

3. Akbar I

Pria asal India ini adalah kaisar terbesar dari dinasti Mughal India. Akbar mengendalikan sebuah kekaisaran yang menyumbang sekitar seperempat dari output ekonomi global.

Chris Matthews dari Fortune mengutip almarhum sejarawan ekonomi Angus Maddison, yang berspekulasi PDB per kapita India di bawah Akbar sebanding dengan Ratu Elizabeth di Inggris, tetapi dengan "kelas penguasa yang gaya hidup mewahnya melampaui gaya hidup masyarakat Eropa."

4. Augustus Caesar

Augustus Caesar adalah kaisar pertama Kekaisaran Romawi Kuno yang berkuasa sejak pembunuhan Julius Caesar di tahun 44 SM hingga dirinya wafat di tahun 14 M. Terlahir dari keluarga bangsawan, Augustus Caesar memiliki kekayaan pribadi yang setara dengan 20% ekonomi seluruh Kekaisaran Roma saat itu.

Bila dikonversikan ke nilai saat ini, kekayaannya mencapai USD4,63 triliun. Setelah terbunuhnya Julius Caesar, Augustus melakukan serangkaian reformasi konstitusional dan sistem moneter yang membawa Roma ke masa Pax Romana, masa keemasan imperialisme Romawi.

5. Mansa Musa

Mansa Musa adalah seorang penguasa Kerajaan Mali di Afrika Barat pada abad 14. Raja kelahiran tahun 1280 ini terkenal dengan kekayaannya yang tak terhingga.

Pada 2012, Celebrity Net Worth menaksir kekayaan Mansa Musa yang mencapai USD400 miliar. Namun, beberapa ahli menyebutkan kekayaan sang raja tidak mungkin disebutkan dalam angka karena dia memiliki kekayaan yang tidak terhingga.

Sebagai Raja Afrika terkaya, Mansa Musa juga seorang yang dermawan. Kedermawanannya bahkan membuat perekonomian negara-negara Timur Tengah hancur. Peristiwa itu terjadi saat sang raja melakukan ibadah haji di tahun 1300-an.

Sepanjang perjalanan, Mansa Musa membagikan emas kepada setiap orang yang bertemu dengannya secara gratis. Hal tersebut membuat harga emas melonjak dan terjadi inflasi besar-besaran.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading