Bahaya! Keseringan Main HP Bisa Picu Penyakit Jantung

Lifestyle - Rindi Salsabilla, CNBC Indonesia
05 October 2022 13:50
Pengunjung memeriksa iPhone 14 Pro baru selama acara khusus Apple di Cupertino, California, Amerika Serikat, Rabu (7/9/2022).  CEO Apple Tim Cook meluncurkan iPhone 14 baru serta versi baru Apple Watch, termasuk Apple Watch SE, versi murah dari arloji populer yang akan dijual mulai dari $249. (Foto oleh Justin Sullivan/Getty Images) Foto: Pengunjung memeriksa iPhone 14 Pro baru selama acara khusus Apple di Cupertino, California, Amerika Serikat, Rabu (7/9/2022). CEO Apple Tim Cook meluncurkan iPhone 14 baru serta versi baru Apple Watch, termasuk Apple Watch SE, versi murah dari arloji populer yang akan dijual mulai dari $249. (Foto oleh Justin Sullivan/Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia - Smartphone sudah menjadi adiksi yang dialami banyak manusia modern, terlebih banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari dapat diakses dan diselesaikan melalui sentuhan layar di ponsel pintar. Akibatnya, durasi seseorang bermain smartphone semakin tidak terkontrol. Bila terus dibiarkan, hal tersebut bisa berakibat buruk terhadap tubuh, salah satunya ada kesehatan jantung.

Durasi bermain smartphone secara berlebih membuat aktivitas fisik seseorang berkurang, hal itu membuat tubuh kehilangan kemampuan untuk mengubah lemak menjadi energi. Lemak yang terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh dapat memicu penyakit jantung.

The European Research Institute for Electronic Components di Bucharest, Romania, menemukan bahwa ponsel yang memancarkan radiasi dapat menyebabkan pembocoran hemoglobin melalui sel darah merah. Lalu, hemoglobin yang menumpuk dalam tubuh dapat menyebabkan komplikasi kesehatan, salah satunya penyakit jantung.

Selain penyakit jantung, menggunakan ponsel pintar terlalu sering juga memicu masalah kesehatan yang lain. Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), dampak negatif dari bermain smartphone terlalu lama di antaranya blepharitis atau iritasi kelopak mata merah dan bengkak, katarak, kerusakan retina, postur tubuh tidak ideal, hingga cedera otot dan persendian.

Guna menghindari risiko yang akan timbul, terdapat sejumlah tips agar terhindar dari dampak negatif smartphone, yaitu batasi penggunaan smartphone dengan beristirahat setiap 20 menit sekali, imbangi aktivitas tubuh dengan berolahraga agar tidak ada lemak yang menumpuk, dan tetap mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading