Google Tak Sengaja Bocorkan Tim yang Masuk Final Piala Dunia?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 September 2022 17:30
A computer generated image of Lusail Stadium that will host the 2022 FIFA World Cup final, with seating capacity of 80,000, in Lusail City, north of central Doha, Qatar. Qatar Supreme Committee for Delivery and Legacy/Handout via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS PICTURE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. Foto: Stadion Lusail yang akan menjadi tuan rumah final Piala Dunia 2022 di Lusail City, Doha, Qatar (Qatar Supreme Committee for Delivery and Legacy /Handout via REUTERS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Google disebut tak sengaja membocorkan nama tim yang akan masuk final Piala Dunia 2022. Padahal, pertandingan final Piala Dunia baru akan digelar pada 18 Desember 2022 di Doha, Qatar.

Mesin pencari itu juga mengklaim bahwa Brasil akan bermain melawan Prancis di laga penentuan Piala Dunia 2022. Kedua negara akan saling berhadapan di Stadion Lusail pada tanggal tersebut.

Pertandingan final itu ditampilkan Google ketika pengguna mengetik 'Lusail Stadium events' di mesin pencari. Selain laga final, hasil penelusuran Google juga menampilkan jadwal enam pertandingan di babak penyisihan grup dan satu pertandingan di setiap tahap babak sistem gugur.

Tidak diketahui mengapa tim Brasil dan Prancis muncul untuk tampil di laga final.

Namun, beberapa jam kemudian, Google menyadari kekeliruan mereka. Mesin pencari tidak lagi menampilkan Brasil vs Prancis sebagai finalist ketika pengguna mengetik 'Lusail Stadium events' 

Sebenarnya, sangat lumrah ketika Google menunjukkan informasi 'TBC' (akan dikonfirmasi) untuk laga pertandingan yang belum pasti, seperti di turnamen sistem gugur sepak bola. Hal yang sama berlaku jika tanggal pertandingan atau tempat belum diputuskan. Namun, lain soal jika Google sudah tahu siapa tim yang akan bertanding di laga final. Meskipun, bisa saja kalau Google berdalih bahwa itu hanya prediksi mereka. 

Hingga kini, belum ada penjelasan resmi dari Google soal kekeliruan tersebut yang membuat banyak fans sepakbola terkejut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

FIFA Pakai Bantuan AI Tindak Diskriminasi di Piala Dunia 2022


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading