Jangan Abai, Jika Alami Ini Artinya Kolesterol Terlalu Tinggi

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
23 September 2022 12:50
Ilustrasi Kolesterol Tinggi (Freepik) Foto: Ilustrasi Kolesterol Tinggi (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk membentuk vitamin D, hormon, dan asam empedu yang memiliki fungsi mencerna lemak. Jika kolesterol dalam tubuh berada pada kadar normal, kehadirannya bisa membantu membentuk sel-sel yang dibutuhkan agar tubuh berfungsi normal.

Namun, kadar kolesterol jahat (LDL) yang berlebih di dalam tubuh bisa menjadi pemicu penyakit serius dan komplikasi yang menyebabkan serangan jantung, stroke, dan lainnya.

Oleh karena itu, tanda kolesterol tinggi perlu diwaspadai sedini mungkin agar bisa segera dicegah. Salah satu tanda kolesterol tinggi rupanya dapat terlihat dari wajah. Seperti apa?


Dilansir dari Healthline dan Mayo Clinic, xanthoma menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi di wajah yang perlu diwaspadai. Kondisi ini mengakibatkan benjolan atau lesi lunak kekuningan pada kulit.

Pada kasus kolesterol tinggi, lesi kekuningan umumnya timbul di sekitar mata dan lipatan mata. Xanthoma adalah kondisi ketika lesi kekuningan semakin membesar dan menyebar.

Tak hanya itu, bercak kuning juga dapat menunjukkan gejala arteri tersumbat dan akan terlihat tumpukan lemak di sekitar mata, hidung dan mulut.

"Kondisi ini sering dikaitkan tak hanya orang dengan kolesterol tinggi, tetapi juga penyimpangan saat tubuh memetabolisme lemak dalam darah, yang juga dapat menurun pada keluarga," kata konsultan ahli kulit yang berbasis di Sydney, Australia, Emma Starritt.

Ciri-ciri xanthoma di mata adalah sebagai berikut:

  • Konsistensinya kental
  • Terakumulasi di balik kelopak mata bagian atas dan bawah
  • Tampak simetris antara mata dan hidung
  • Bisa menjadi semakin banyak dari waktu ke waktu

Munculnya xanthelasma idealnya tidak akan mengganggu fungsi penglihatan dan tidak berbahaya. Meski begitu, jika dibiarkan dan kolesterol terus tinggi, kondisi ini bisa memburuk dan menyebabkan rasa nyeri serta tidak nyaman di mata.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sering Mencium Aroma Ini? Awas! Itu Tanda Kolesterol Tinggi


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading