Terungkap! Penyebab Mengapa Kita Merasa Lelah Usai Menangis

Lifestyle - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
18 September 2022 21:30
Man fired from job sitting hold the head with hand and worried stressed face expression outside office Foto: Ilustrasi (Designed by Waewkidja / Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Semua orang pasti pernah menangis, terutama dalam dorongan emosi sedih atau marah. Namun, ada alasan terkadang sehabis menangis mulai muncul kondisi letih.

Melansir The List, pada kondisi emosi yang tidak terbendung bahkan ketika stres pada waktu lama seseorang lebih cenderung lebih banyak menangis.

Menangis juga bisa datang dari rasa frustrasi yang hebat dan perasaan terjebak dalam situasi yang mengganggu. Selain itu banyak hal yang terjadi pada tubuh kita usai menangis.


Dimana hormon dan sistem saraf anda tidak hanya mengalami reaksi emosional, tapi seluruh tubuh memiliki pengalaman yang intens terutama jika berkepanjangan.

"Menangis itu berat bagi tubuh, dibutuhkan banyak energi dan merupakan sesuatu yang mengambil alih tubuh anda," kata Profesor Psikologi Lauren Bylsma dikutip Minggu, (18/9/2022).

Mata mengeluarkan banyak air mata membuat terasa berat dan bengkak. Denyut jantung meningkat dan mungkin tubuh gemetar. selain itu pernapasan juga terasa dangkal.

Setelah hormon stres dari menangis dan oksitosin dilepaskan tumbuh anda akan mulai merasakan perasaan tenang. Anda berubah dari tidak bisa mengatur nafas bisa menjadi lebih tenang. Ini juga yang membuat anda merasa lelah.

Setelah menangis tidak ada yang lebih baik daripada tidur siang, untuk membantu menenangkan pikiran anda dan membantu memulihkan tubuh.


[Gambas:Video CNBC]

(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading