Tips Mengatasi Ngantuk Saat Berangkat Kerja di Pagi Hari

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 September 2022 11:10
Ilustrasi Tidur di Kantor (Pixabay) Foto: Ilustrasi Tidur di Kantor (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mengantuk saat berangkat kerja di pagi hari sering dialami banyak orang. Hal ini tentu membuat hari Anda kurang produktif.

Ada beberapa cara menghilangkan rasa kantuk saat bekerja di pagi hari. Simak paparannya:


1. Kurangi konsumsi gula

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula akan membuat Anda merasa lebih ngantuk. Hal ini terkait dengan sistem orexin tubuh. Orexin adalah bahan kimia yang mengontrol dorongan untuk tidur dan lapar.

Karena itu, jauhilah makanan yang manis dan coba untuk memilih makanan sehat seperti kacang-kacangan sebagai penggantinya.

2. Minum air putih

Sebelum mengawali hari, Anda sangat disarankan untuk minum air putih terlebih dahulu. Sebab kurangnya cairan dalam tubuh akan membuat tubuh mudah lelah sehingga memicu gangguan mood dan perasaan mengantuk.

3. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik mengaktifkan bagian-bagian tertentu dari otak Anda yang dapat membuat Anda tetap terjaga. Studi menunjukkan bahwa musik juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi Anda.

4. Lakukan peregangan sederhana

Selama tidur memasuki tahap REM (Rapid Eye Movement), otot Anda akan mengalami relaksasi atau biasa disebut dengan kondisi atonia. Nah untuk mengaktifkannya kembali, Anda bisa melakukan peregangan sederhana yang juga dapat merangsang peningkatan endorfin, yaitu hormon peningkat suasana hati dan rasa semangat.

5. Jangan lewatkan sarapan

Banyak manfaat yang akan Anda peroleh dengan rutin sarapan. Bukan hanya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ngantuk saat ingin berangkat kerja di pagi hari, sarapan juga akan membantu peningkatan fungsi kognitif otak dengan menyerap nutrisi dalam bentuk glukosa dan glikogen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berkonsentrasi.

Namun, jangan sarapan karbohidrat tinggi, ya! Karena kebanyakan karbohidrat justru bisa bikin Anda mudah mengantuk. 


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading