'Tembok Besar China' Ternyata Juga Ada di AS, Ini Bentukannya

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 August 2022 10:10
Chinese Wall Montana  (via Getty Images/Star Tribune) Foto: Chinese Wall Montana (via Getty Images/Star Tribune)

Jakarta, CNBC Indonesia - Selama ini banyak orang hanya tahu bangunan terpanjang dunia adalah Great Wall of China atau Tembok Besar China. Ikon Negeri Tirai Bambu itu membentang sejauh 21.196 kilometer (km).

Meski jadi yang paling terkenal, Tembok Besar China itu bukanlah satu-satunya benteng keren di dunia. Ada situs bersejarah mirip Tembok Besar China di Negeri Paman Sam bernama Chinese Wall atau Tembok China.

Chinese Wall terletak di Montana, Amerika Serikat dengan ketinggian 1.000 kaki atau 300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Berbeda dengan Great Wall yang dibuat oleh tangan manusia, Chinese Wall di AS itu tersebut terbentuk secara alamiah.

Tembok besar di Montana merupakan salah satu keajaiban geologi yang unik yang membentang sepanjang 19 km. Bangunan ini terdiri dari batu kapur dengan struktur besar yang menonjol dari puncak Pegunungan Rocky.

Meskipun situs ini terlihat seperti dinding batu besar, banyak yang tidak tahu bahwa 'dinding raksasa' ini sebenarnya adalah karang yang terangkat dari laut di zaman prasejarah.

Chinese Wall berada di kawasan Taman Nasional Flathead. Di sepanjang Chinese Wall, Anda akan menemukan padang rumput yang rimbun serta danau. Lokasi ini menjadi tujuan favorit para pendaki yang suka petualangan karena pemandangannya yang spektakuler dan mengesankan. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

AS Larang Penjualan Kasur Ayunan, Sebabkan Kematian Bayi


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading