Jokowi Punya Tim Seleksi Baju Adat, Bagaimana dengan Iriana?

Lifestyle - Halimatus Sadiyah, CNBC Indonesia
16 August 2022 11:27
Presiden Joko Widodo Saat Tiba di Gedung DPR/MPR untuk Mengikuti Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki) Foto: Presiden Joko Widodo Saat Tiba di Gedung DPR/MPR untuk Mengikuti Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada proses panjang di balik pemilihan baju adat Paksian dari Bangka Belitung yang dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato kenegaraan dan keterangan pemerintah terkait RUU APBN 2023 dan Nota Keuangan dalam Rapat Tahunan MPR dan Rapat Bersama DPR & DPD RI, Selasa (16/8/2022).

Jokowi memiliki tim yang membantunya memilih baju adat di acara tahunan tersebut. Sekretaris Pribadi Presiden (Sespri) Anggit Nugroho menuturkan bahwa awalnya ia dan tim mengumpulkan sejumlah baju adat dari seluruh Indonesia yang belum pernah dikenakan Presiden. Baju-baju itu kemudian diseleksi hingga tersisa tiga. Akhirnya, baju yang terpilih adalah pakaian adat Paksian dari Bangka Belitung.

"Baju adat ini diperoleh langsung dari perajin lokal di Bangka Belitung. Pihak Sespri menyampaikan ukuran baju dan celana Presiden, mereka yang menjahit dan menyiapkan baju beserta aksesorisnya dalam waktu sekitar tiga hari. Setelah jadi, baju adat dibawa kurir dari Bangka Belitung menuju Jakarta," kata Anggit, dalam keterangannya yang diterima CNBC Indonesia, Selasa (16/8/2022).


Presiden Joko Widodo Saat Tiba di Gedung DPR/MPR untuk Mengikuti Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)Foto: Presiden Joko Widodo Saat Tiba di Gedung DPR/MPR untuk Mengikuti Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Lalu, bagaimana dengan pakaian yang dikenakan Ibu Negara Iriana Widodo?

Ibu Negara, yang mendampingi Presiden, nampak mengenakan baju nasional berwarna merah muda, selaras dengan hijab yang dikenakannya. 

Menurut Anggit, Ibu Negara menyiapkan semua pakaiannya sendiri, tanpa dibantu tim khusus. 

"Busana yang dikenakan Ibu Negara tidak disiapkan secara khusus oleh Sespri, namun disiapkan sendiri oleh Ibu Iriana. Dari mulai desain, pemilihan bahan hingga menjadi baju siap pakai."

Seperti diketahui, Jokowi adalah presiden pertama yang memulai tradisi mengenakan pakaian adat saat pidato kenegaraan dan sidang tahunan MPR, serta saat upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Saat pidato kenegaraan 2021 lalu, Jokowi mengenakan baju adat Suku Baduy dari Banten. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Begini Cara Jokowi Pilih Baju Adat untuk Pidato Kenegaraan


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading