8 Skandal Terbesar yang Guncang Dunia Hiburan Korea Selatan

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 August 2022 12:25
Seo Ye JI. Dok: seoyeajiluv Foto: Seo Ye JI. Dok: seoyeajiluv

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam beberapa tahun terakhir, industri hiburan Korea Selatan bersinar terang. Banyak aktor dan aktris serta musisi asal Negeri Ginseng yang meraih popularitas global. 

Namun, sama seperti di negara lain, showbiz di Korea Selatan juga tidak lepas dari skandal dan kontroversi. Berikut adalah daftar selebriti besar yang terlibat dalam skandal terheboh di industri hiburan, mulai dari percintaan, penggunaan obat terlarang, intimidasi (bullying), bahkan pelecehan seksual, seperti dilansir dari Hindustan Times.

1. Kim Garam

Kim Garam (Tangkapan Layar via Instagram @le_sserafim)Foto: Kim Garam (Tangkapan Layar via Instagram @le_sserafim)
Kim Garam (Tangkapan Layar via Instagram @le_sserafim)

Kim Garam, mantan member LE SSERAFIM, grup K-pop di bawah naungan HYBE, menjadi sorotan publik, bahkan sebelum debut resminya. Bukan karena prestasi, Kim Garam jadi perbincangan karena dugaan skandal bullying atau perundungan yang pernah ia lakukan hingga menyebabkan seorang siswa mencoba bunuh diri.

Laporan mengatakan dia bahkan harus menjalani tindakan disipliner atas perilaku buruknya di sekolah. Agensinya telah membantah sebagian besar klaim tersebut. Namun, Kim Garam telah mengambil langkah mundur dari grup dan hiatus, hanya beberapa minggu setelah album debutnya, Fearless.

Buntut dari skandalnya ini, agensi tidak memperpanjang kontrak Kim Garam. Dia pun harus meninggalkan grup LE SSERAFIM.

2. Seo Yeji

Seo Ye JI. Dok: seoyeajiluvFoto: Seo Ye JI. Dok: seoyeajiluv
Seo Ye JI. Dok: seoyeajiluv

Selain tuduhan perundungan di sekolah dan pelecehan staf, bintang It's Okay To Not Be Okay itu juga dituduh mencoba mengendalikan pacarnya saat itu, aktor Crash Landing On You, Kim Junghyun.

Seo Ye Ji terlibat kontroversi gaslighting antara dirinya dan Kim Jung Hyun. Dispatch, media lokal Korsel, membongkar pesan percakapan sang aktris dengan mantan pacarnya tersebut.

Laporan Dispatch mengatakan, Seo Yeji melarang sang pacar melakukan adegan romantis dalam drakor yang dibintanginya.

3. Kim Seon Ho

Kim Seon Ho (Tangkapan Layar Instagram @seonho__kim)Foto: Kim Seon Ho (Tangkapan Layar Instagram @seonho__kim)
Kim Seon Ho (Tangkapan Layar Instagram @seonho__kim)

Aktor, yang namanya melambung berkat drama Hometown Cha Cha Cha dan Start Up ini dituduh oleh mantan pacarnya melakukan pemaksaan aborsi. Kemarahan publik karena tuduhan itu menyebabkannya Seonho dikeluarkan dari iklan dan proyek lainnya.

Seonho kembali ke Instagram dengan permintaan maaf untuk para penggemar, setelah absen selama sekitar tujuh bulan. Dia akan segera terlihat dalam drama Touching The Void dan film debutnya, Sad Tropics.

4. Lucas

Salah satu anggota dari boyband populer NCT, dituduh oleh beberapa mantan pacarnya berselingkuh. Kasus kontroversi Lucas dimulai pada 23 Agustus 2021, ketika seorang pengguna akun Twitter @ooooshiiim mengaku bahwa dirinya adalah mantan pacar Lucas.

Pengguna akun Twitter yang diduga orang Korea ini mengaku pernah menjadi korban perselingkuhan yang dilakukan Lucas saat mereka masih pacaran. Ia juga mengunggah bukti berupa rekaman suara yang diduga berasal dari Lucas NCT.

Menyusul pengakuan yang dibuat oleh akun @ ooooshiiim, banyak pengguna Twitter yang muncul dan mengaku sebagai mantan pacar Lucas. Total ada 4 pengguna Twitter yang mengaku sebagai mantan pacar Lucas, dan sama-sama menjadi korban perselingkuhan yang dilakukan penyanyi tersebut.

Di tengah skandal itu, jadwal perilisan lagunya dibatalkan. Lucas juga memposting permintaan maaf dengan tulisan tangan di Instagram, dengan mengatakan perilaku masa lalunya tidak bertanggung jawab dan jelas salah.

5. Seungri

Seungri, anggota band K-pop Korea Selatan Big Bang, tiba untuk ditanyai atas kasus suap seks di Kantor Polisi Metropolitan Seoul di Seoul, Korea Selatan, 14 Maret 2019. (REUTERS / Kim Hong-Ji)Foto: Seungri, anggota band K-pop Korea Selatan Big Bang, tiba untuk ditanyai atas kasus suap seks di Kantor Polisi Metropolitan Seoul di Seoul, Korea Selatan, 14 Maret 2019. (REUTERS / Kim Hong-Ji)
Seungri, anggota band K-pop Korea Selatan Big Bang, tiba untuk ditanyai atas kasus suap seks di Kantor Polisi Metropolitan Seoul di Seoul, Korea Selatan, 14 Maret 2019. (REUTERS / Kim Hong-Ji)

Mungkin ini adalah skandal selebriti Korea Selatan terbesar belakangan ini. Skandal yang lebih dikenal dengan nama 'Burning Sun' ini melibatkan mantan idol Kpop dari grup BIGBANG, Seungri. Skandal ini disebut-sebut sebagai salah satu kasus kriminal terbesar dalam sejarah K-pop baru-baru ini.

Seungri diselidiki karena penipuan dan prostitusi di klubnya yang bernama Burning Sun pada tahun 2019. Dia dan mitra bisnisnya terbukti mengatur layanan seksual untuk calon investor dan klien kaya di klub tersebut.

SCMP melaporkan bahwa Seungri telah mengaku di pengadilan banding bahwa dia bersalah atas semua tuduhan yang ditujukan kepadanya dan dia juga menyatakan penyesalannya. 

6. Ji Soo

Ji Soo. (Instagram/ actor_jisoo)Foto: Ji Soo. (Instagram/ actor_jisoo)
Ji Soo. (Instagram/ actor_jisoo)

Jagat hiburan Korea Selatan juga pernah ramai dengan rumor bullying sejumlah idol dan aktor atau artis. Salah satunya adalah aktor Ji Soo. Tudingan tersebut diperparah dengan adanya tindakan pelecehan seksual yang diungkap korban.

Agensinya juga menyatakan akan langsung menghubungi dan meminta maaf kepada para korban. Namun, mereka membantah rumor pelecehan seksual itu tidak benar. Sejak saat itu, aktor tersebut menghilang bak ditelan bumi.

7. B.I

Penyanyi dan penulis lagu B.I., (Hanbin) baru-baru ini membuka tentang skandal narkobanya, dan alasan hengkangnya dari grup K-pop iKON.

"Bahkan sekarang, saya menyesalinya. Saya seharusnya tidak melakukannya, tetapi saya merasa seperti berada di sudut, dan saya membuat keputusan yang salah. Saya masih muda dan bodoh," katanya kepada Billboard.

Tahun lalu, ia dijatuhi hukuman empat tahun masa percobaan, layanan masyarakat serta sesi perawatan karena pembelian ganja. "Saya mencoba mengubah persepsi orang tentang saya, tidak hanya dengan berbicara, tetapi dengan tindakan saya," tambahnya dalam wawancara terbarunya.

8. Yunho

Idola K-pop Yunho TVXQ itu tersandung tuduhan kasus pelanggaran protokol kesehatan yang merembet ke skandal-skandal lain yang berkaitan dengan legenda idol K-Pop generasi kedua ini. Hal ini tentunya menimbulkan berbagai macam reaksi dari fans dan netizen.

Ia kedapatan mengunjungi bar ilegal, melanggar aturan jarak sosial Covid-19, serta melarikan diri dari pihak berwenang saat kepergok di lokasi tempat hiburan dewasa.

Namun, agensinya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyanyi itu tidak melakukan kesalahan apa pun, kecuali melanggar aturan jarak sosial. Dia kemudian meminta maaf karena melanggar aturan karantina.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Banyak yang Depresi, 8 Artis Korea Ini Pilih Bunuh Diri


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading