Pernah Dibawa ke Bulan, Jaket Astronot Ini Bisa Tembus Rp30 M

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 July 2022 15:10
FILE - In this Dec. 21, 1968 file photo, Apollo 8 astronauts, suited up and ready to go, walk to a van heading for their Saturn V rocket for their moon orbit mission from Cape Kennedy, Fla. Leading the way is Commander Frank Borman, followed by James A. Lovell and William A. Anders. (AP Photo) Foto: Ilustrasi jaket astronot (AP Photo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rumah lelang Sotheby's di New York akan menggelar pelelangan koleksi pribadi astronot Amerika, Buzz Aldrin. Salah satu barang yang dilelang adalah jaket yang dia kenakan selama pendaratan di bulan.

Lelang yang diberi judul "Buzz Aldrin: Ikon Amerika," akan berlangsung pada 26 Juli. Aldrin, yang berusia 92 tahun, adalah orang kedua yang pernah menginjakkan kaki di bulan pada 1969. 

Jaket yang dilelang pernah diterbangkan ke luar angkasa dalam misi Apollo 11 Bulan pada tahun 1969. Jaket bersejarah tersebut diperkirakan akan menarik tawaran hingga US$2 juta, atau sekitar Rp 30 miliar.

"Ini adalah hal yang sangat langka," kata Kepala Ilmu Pengetahuan dan Budaya Populer Global Sotheby, Cassandra Hatton. 

Dia menambahkan bahwa jaket Aldrin itu adalah satu-satunya pakaian terbang dari misi Apollo 11 yang tersedia untuk dibeli.

Tidak hanya jaket, barang yang dilelang lainnya adalah pena yang digunakan kru Apollo 11 untuk memperbaiki sakelar pemutus sirkuit yang rusak dan menyelamatkan nyawa mereka. Pena itu diperkirakan juga bisa tembus Rp30 miliar.

Koleksi lainnya yang dilelang antara lain penghargaan, medali, dan surat dari kehidupan pribadi sang astronot.

"Saya berani mengatakan tanpa ragu bahwa ini adalah penjualan eksplorasi ruang angkasa terbaik yang pernah ada, dan tidak akan ada lagi yang lebih baik dari ini," kata Hatton.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fosil Dinosaurus Laku Terjual Rp90 Miliar, Ini Bentuknya


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading