Jackie Chan Syuting Film di Markas ISIS di Suriah

Lifestyle - Intan R.D, CNBC Indonesia
17 July 2022 14:30
Jackie Chan. (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP) Foto: Jackie Chan. (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktor kondang Jackie Chan tengah membuat film action terbarunya yang syuting di sebuah kota bernama Hajar Al Aswad, tak jauh dari ibukota Suriah, Damaskus. Kota tersebut telah ditinggalkan penghuninya sejak perang pada 2018.

Film berjudul "Home Operation" itu terinspirasi oleh evakuasi yang dilakukan Pemerintah China terhadap warganya dari perang di Yaman pada 2015. Namun, karena Yaman masih dianggap sebagai tempat yang terlalu berbahaya untuk syuting, para kru akhirnya memilih Suriah sebagai lokasi, meskipun naskahnya hanya menyebutkan negara fiksi yang disebut "Poman".

Dilaporkan AFP, dikutip Minggu (17/7/2022), reruntuhan Hajar al-Aswad dipenuhi dengan kru dan aktor yang terlihat menggunakan pakaian suku Yaman. Selain itu, ada juga beberapa figuran asal Suriah yang berseragam dan anggota kru film Cina yang mengenakan polo.

Jackie Chan adalah produser utama film ini, meskipun sejauh ini tidak ada rencana bagi aktor veteran tersebut untuk mengunjungi Suriah.

Film ini akan menjadi blockbuster yang akan menunjukkan otoritas China dalam aksi evakuasi yang heroik.

Duta Besar China untuk Suriah bahkan hadir langsung untuk menyaksikan syuting di hari perdana. Sebuah spanduk merah dalam tiga bahasa dibentangkan untuk upacara kecil itu.

Hajar al-Aswad, yang berarti "batu hitam" dalam bahasa Arab, dulunya adalah daerah pinggiran kota Damaskus yang padat penduduk dan terletak di sebelah kamp pengungsi Palestina di Yarmuk. Kedua daerah tersebut menjadi titik utama konflik Suriah yang meletus pada 2011 yang sebagian dikendalikan oleh kelompok Negara Islam.



Konflik membuat Hajar al-Aswad hancur dan rata dengan tanah. Kota yang dulu padat penduduk tersebut kini menjadi hamparan bangunan abu-abu yang menyeramkan.

Beberapa penduduk telah kembali ke bagian Hajar al-Aswad yang rusak dan sebagian sisa wilayahnya sama sekali tidak berpenghuni.

"Daerah yang dilanda perang di Suriah telah berubah menjadi studio film. Daerah ini menarik produser film," kata sutradara Rawad Shahin, yang merupakan bagian dari kru Home Operation Suriah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Astaga! Jackie Chan Ngaku Tiap Malam Suka Sewa PSK


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading