Jangan Kaget, Begini Komentar Anies Soal Citayam Fashion Week

Lifestyle - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
07 July 2022 13:45
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang secara virtual dengan Walikota London, Sadiq Khan. (Tangkapan Layar Instagram @aniesbaswedan) Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tangkapan Layar Instagram @aniesbaswedan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara mengenai fenomena yang terjadi di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, beberapa waktu belakangan. Viral keramaian di kawasan itu dengan istilah Citayam Fashion Week.

Anies menjelaskan area publik atau ruang ketiga bagi masyarakat seharusnya setara. Dia bercerita dulu kawasan Sudirman hanya bisa dinikmati bagi orang yang bekerja pada wilayah pusat perkantoran ibu kota itu.

"Di luar itu gak bisa nikmati jalan terbesar di republik ini," kata Anies usai acara Ground Breaking Tunnel Interconnection Stasiun MRT Dukuh Atas-Thamrin Nine, Kamis (7/6/2022).



Dia bercerita, dulu kebanyakan pergerakan yang dilakukan pada wilayah itu menggunakan kendaraan pribadi, meski sudah ada trotoar yang terbangun lebar. Namun saat ini masyarakat dari wilayah penopang ibu kota juga bisa menikmati wilayah Sudirman.

Anies menyebutnya sebagai 'Demokratisasi Jalan Jenderal Sudirman'.

"Seluruh warga Jabodetabek bisa menikmati jalan dengan pemandangan gedung tinggi satu-satunya di republik ini," katanya. "Jadi siapa saja bisa menikmati nanti, sambil membawa anak, lalu bilang ke anaknya, 'nak kamu belajar yang rajin jadi nanti kamu suatu saat bisa bekerja di sini'," tambahnya.

Anies menjelaskan, tempat ruang ketiga ini seharusnya bisa menyetarakan berbagai golongan masyarakat. Bahkan bagi mereka yang datang untuk mendapatkan pengalaman baru.

"Jadi tidak hanya untuk kelas sosial ekonomi tengah atas, justru ini harus didemokratisasi tempat ini sehingga bisa dinikmati siapa saja," katanya. "Asalkan pengguna harus tetap menjaga kebersihan hingga ketertiban pada area publik," lanjutnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RK VS Anies, Siapa Lebih Keren di Citayam Fashion Week?


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading