Pangeran Charles Disebut Terima Duit Sekoper dari Syekh Qatar

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
27 June 2022 18:15
FILE - In this Monday, March 9, 2020 file photo, Britain's Prince Charles and Camilla the Duchess of Cornwall, in the background, leave after attending the annual Commonwealth Day service at Westminster Abbey in London, Monday, March 9, 2020. Prince Charles, the heir to the British throne, has tested positive for the new coronavirus. The prince’s Clarence House office reported on Wednesday, March 25, 2020 that the 71-year-old is showing mild symptoms of COVID-19 and is self-isolating at a royal estate in Scotland. For most people, the coronavirus causes mild or moderate symptoms, such as fever and cough that clear up in two to three weeks (AP Photo/Kirsty Wigglesworth, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pangeran Charles dikabarkan menerima sebuah koper berisi uang tunai senilai 1 juta euro atau sekitar Rp15 miliar (asumsi kurs Rp15.638/ 1 euro). Menurut laporan Sunday Times, uang itu diberikan mantan perdana menteri Qatar sebagai salah satu dari tiga donasi dari Sheikh Hamad bin Jassim dengan total 3 juta euro, yang diberikan selama periode 2011 dan 2015.

Namun, Clarence House mengatakan bahwa sumbangan dari politisi Qatar tersebut telah diserahkan ke salah satu badan amal, sesuai prosedur yang seharusnya. 


"Sumbangan amal yang diterima dari Sheikh Hamad bin Jassim segera diteruskan ke salah satu badan amal Pangeran yang menjalankan pemerintahan yang sesuai dan telah meyakinkan kami bahwa semua proses yang benar telah diikuti," kata Clarence House, dikutip dari CNN International, Senin (27/6/2022).

Sumbangan untuk badan amal Pangeran Charles telah mendapat sorotan dalam beberapa bulan terakhir menyusul tuduhan bahwa salah satu dari keluarga Kerajaan Qatar menawarkan bantuan demi mendapatkan kewarganegaraan dan kehormatan dari Inggris.

Sunday Times juga melaporkan bahwa Sheikh Hamad memberi Pangeran Charles 1 juta euro yang dibungkus dalam tas belanjaan dari department store Fortnum dan Mason.

Pada kesempatan lain, Pangeran Charles menerima tas ransel berisi 1 juta euro selama pertemuan pribadi di Clarence House pada tahun 2015.

Sunday Times melaporkan pembayaran tersebut disetorkan ke rekening Prince of Wales's Charitable Fund atau Dana Amal Pangeran Wales (PWCF), sebuah entitas yang membiayai proyek-proyek pribadi pangeran dan tanah pedesaannya di Skotlandia. Dana tersebut diterima oleh Dana Amal Prince of Wales, yang memiliki misi mengubah kehidupan dan membangun komunitas yang berkelanjutan di bidang-bidang seperti konservasi, pendidikan, kesehatan dan inklusi sosial.

Seorang sumber kerajaan, yang diwawancarai oleh CNN, mengatakan bahwa mereka membantah banyak detail dalam laporan Sunday Times. Sumber kerajaan mengatakan mereka tidak membantah fakta bahwa ada sumbangan amal, namun menegaskan bahwa semua proses telah diikuti sebagaimana mestinya. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Aktor Korea Selatan ini Beri Donasi Tak Biasa Bagi Ukraina


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading