Beli Asuransi Unit Link Semata-mata Untuk Cuan, Tepatkah?

Lifestyle - Advertorial, CNBC Indonesia
14 June 2022 00:00
adv_prudential

Unit link merupakan produk asuransi yang unik dan menarik karena memberikan manfaat ganda yaitu perlindungan sekaligus investasi dalam satu produk.

Namun perlu diingat, meskipun unit link merupakan Produk Asuransi Yang Dikaitkan dengan Investasi (PAYDI), Anda juga harus menyadari bahwa produk asuransi unit link juga memiliki manfaat perlindungan.

Dalam hal perlindungan, unit link menawarkan fleksibilitas karena seiring waktu nasabah dapat menambah manfaat asuransi tambahan (rider) lainnya sesuai dengan kebutuhan, selama polis masih aktif, selama produk unit link yang dipilih memiliki pilihan tambahan manfaat asuransi tambahan (rider), dan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diatur.


Setelah manfaat utama sebagai perlindungan terpenuhi, maka nasabah juga mendapatkan manfaat potensi hasil investasi.

Perlu diketahui, premi yang dibayarkan nasabah untuk produk unit link dialokasikan pada beberapa bagian. Sebagian premi dialokasikan untuk membayarkan biaya asuransi supaya perlindungan tetap berjalan, administrasi, biaya akuisisi, hingga dana investasi, selengkapnya baca di link ini.

Lalu apa keuntungan unit link?

1. Dengan membeli unit link, Anda dapat memilih alokasi premi yang dibayarkan. Anda bisa mengalokasikan sebagian premi membayarkan biaya asuransi dan sebagian lainnya untuk investasi. Alokasi tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, profil risiko, serta tujuan keuangan.

Perlu diingat bahwa sebagaimana investasi pada umumnya, komponen terkait investasi pada unit link juga memiliki risiko tergantung dengan dana investasi yang dipilih nasabah.

2. Kelebihan lainnya, yaitu potensi hasil investasi juga bisa dimanfaatkan untuk memastikan perlindungan tetap berjalan dan polis tetap aktif sepanjang nasabah menyetujui pemanfaatan tersebut.

Apabila nasabah menemukan halangan untuk menunaikan kewajiban membayar premi, maka nilai tunai dari hasil investasi (jika ada) dapat dialokasikan untuk memastikan agar polis tetap aktif. Syaratnya nasabah perlu mengajukan cuti premi, polis sudah berjalan sekian tahun sesuai yang dipersyaratkan, serta jumlah nilai tunai cukup untuk membayarkan biaya asuransi dan administrasi. Nasabah juga harus memenuhi syarat lainnya sesuai ketentuan polis.

3. Potensi hasil investasi juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain, ketika nasabah memutuskan untuk melakukan penarikan dana sesuai batas nominal tertentu yang dipersyaratkan pada polis.

Meski demikian, harus dipahami langkah ini akan memotong nilai tunai investasi dalam polis yang dimiliki. Selain itu, nilai tunai bergerak fluktuatif mengikuti situasi pasar dan performa dana investasi yang dipilih oleh nasabah.

Oleh karenanya, nasabah harus memahami tujuan keuangan mereka serta profil risiko sebelum menentukan jenis dana untuk alokasi investasi pada unit link.

Jika ingin mengoptimalkan manfaat produk unit link, Anda harus menentukan mitra yang tepat dalam memberikan perlindungan jangka panjang. Rekam jejak dan kekuatan finansial dari perusahaan asuransi jiwa dapat menjadi pertimbangan, untuk dapat mewujudkan perlindungan di masa kini hingga mendatang.

Ada banyak perusahaan asuransi yang telah puluhan tahun hadir mewujudkan perlindungan bagi nasabah salah satunya adalah Prudential Indonesia.

Prudential Indonesia juga disebut sebagai perusahaan asuransi jiwa yang paling direkomendasikan di Indonesia. Hal ini berdasarkan survei Brand Health Tracker yang dilakukan Kantar pada periode Desember 2021 hingga Januari 2022.

"Selama lebih dari 26 tahun di Indonesia, Prudential Indonesia senantiasa mewujudkan perlindungan bagi 2,5 juta tertanggung. Prudential juga membuktikan komitmen perlindungannya terhadap nasabah melalui pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp 16,6 triliun sepanjang 2021," kata Chief Marketing & Communications Officer Prudential Indonesia Luskito Hambali.

Prudential Indonesia saat ini memiliki kondisi keuangan yang sehat, tercermin dari tingkat solvabilitas (Risk Based Capital) sebesar 479%, atau lebih ketentuan minimal target internal yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)..

Luskito menuturkan seluruh proses bisnis dijalankan Prudential Indonesia dengan penuh integritas, sesuai dengan tata kelola perusahaan, praktik investasi yang bertanggung jawab, dan patuh terhadap peraturan yang berlaku.

"Karena itu, Prudential Indonesia mampu menghadirkan dukungan jangka panjang bagi masyarakat Indonesia, membantu mereka hidup lebih sehat dan lebih sejahtera, sehingga bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidup. Komitmen ini menjadikan kami sebagai perusahaan asuransi jiwa yang paling direkomendasikan di Indonesia," tutupnya.


(adv/adv)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading