Jarang Disadari, Gejala Diabetes Ini Muncul di Vagina

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
07 June 2022 16:05
Diabetes (Ist Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Diabetes adalah penyakit metabolik yang menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Penyakit ini bisa menyerang semua golongan usia, mulai dari anak-anak sampai lansia. 

Federasi Diabetes Internasional (IDF) memperkirakan bahwa pada 2019 ada sekitar 463 juta orang di dunia usia 20-79 tahun yang menderita diabetes. Sayangnya, meski penyakit ini umum ditemui, masih banyak orang yang tidak menyadari gejalanya. 

Mengutip SehatQ, gejala diabetes bisa terjadi si seluruh bagian tubuh. Pada wanita, gejala diabetes salah satunya dapat muncul di vagina berupa pertumbuhan jamur yang berlebih (biasanya disebabkan oleh jamur candida). Jamur ini dapat menyebabkan infeksi di sekitar daerah kelamin sehingga menimbulkan sariawan di sekitar vagina.


Adapun gejala yang dapat muncul adalah rasa gatal, rasa sakit, keputihan, dan rasa sakit saat melakukan hubungan seksual.

Selain sariawan di vagina, risiko infeksi saluran kencing juga sangat rentan terjadi pada wanita yang mengalami diabetes. Infeksi ini berkembang saat bakteri mulai memasuki saluran kantung kemih. Ketika sudah terjadi infeksi, Anda bisa merasakan rasa sakit saat buang air kecil, adanya sensasi terbakar, urine yang berdarah, atau berwarna keruh.

Gejala diabetes lainnya yang dialami wanita adalah disfungsi seksual. Kondisi ini terjadi karena neuropati diabetic dapat merusak serabut saraf, sehingga memicu perasaan kesemutan di bagian kaki dan tangan. Hal ini juga memengaruhi sensasi di daerah kelamin, sehingga menurunkan dorongan seksual wanita.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Anda Penderita Diabetes? Ini Makanan yang Harus Dihindari


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading