Mantap, Timnas Indonesia U-23 Lolos Ke Semifinal Sea Games

Lifestyle - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
15 May 2022 21:15
Timnas Indonesia U-23 di sea games. (Foto: dok. PSSI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Timnas Indonesia U-23 melaju ke semifinal Sea Games 2021 (2022) usai menaklukkan Myanmar 3-1, Minggu (15/5/2022) di Stadion Viet Tri, Vietnam.

Melansir CNN Indonesia, gol pertama dibuka lewat kaki Egy Maulana Vikri pada menit enam, meneruskan bola rebound hasil tembakan Irfan Jauhari.

Tendangan Egy sempat membentur pemain belakang lawan sehingga bola berbelok arah dan membuat kiper Pyae Phyo Thu mati langkah.


Empat menit berselang, Indonesia melanjutkan keunggulannya menjadi 2-0 lewat aksi Witan Sulaeman, yang memanfaatkan umpan tumit Ricky Kambuaya.

Witan yang berada pada sisi kiri kotak penalti melepaskan tembakan kaki kanan, yang membentur kaki lawan. Sehingga membuat bola mengarah ke pojok kanan bawah gawang yang dikawal Pyae Phyu Thu.

Lalu gol ketiga diciptakan oleh aksi tembakan keras dari luar kotak penalti oleh Marcelino Ferdinan, yang membuat Indonesia unggul 3-0 dari Myanmar.

Myanmar sendiri bukan tanpa peluang. Win Naing Tun berhasil memasukkan bola ke gawang Indonesia pada menit ke 30 usai memanfaatkan umpan silang Mg Mg Lwin. Hanya saja wasit menganulir gol itu lantaran pemberi umpan sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

Selain itu peluang emas Myanmar juga tercipta di menit 40, dari kaki Mg Lwin yang berhasil melepaskan tembakan keras namun berhasil diblok kiper Ernando Ari Sutaryadi.

Pada menit ke 67, Myanmar akhirnya memecah kebuntuan melalui aksi Myat Kaung Khant. Tembakan kaki kiri Kaung Khant lebih dulu membentur kaki Rizky Ridho sehingga tak mampu dibendung Ernando Ari.

Dari kemenangan ini membuat Indonesia bertengger di puncak klasemen sementara Grup A dengan torehan sembilan poin. Namun posisi Indonesia dapat digeser Vietnam jika tuan rumah mampu mengalahkan Timor Leste.

Lantas Siapa Lawan Indonesia di Semifinal Sea Games 2021?

Jawabannya tergantung dari hasil pertandingan antara Vietnam vs Timor Leste, dan dua pertandingan terakhir di Grup B, Senin (16/5/2022) yang mempertemukan Malaysia vs Kamboja dan Laos vs Thailand.

Jika Vietnam mampu mengalahkan Timor Leste, maka Indonesia akan lolos ke semifinal sebagai Runner Up.

Lalu pada pertandingan Grup B jika Malaysia yang memiliki 7 poin berhasil mengalahkan Kamboja dan Thailand yang memiliki 6 poin mengalahkan Laos, maka Malaysia akan lolos ke semifinal Sea Games sebagai juara grup.

Dengan asumsi demikian, maka Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Malaysia di semifinal Sea Games 2021, sedangkan Vietnam akan bertemu Thailand sebagai juara runner up grup B.


[Gambas:Video CNBC]

(vap/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading