Terbaru! Daftar Orang Terkaya di RI, Ada Raffi Ahmad?

Lifestyle - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
08 May 2022 17:00
Raffi Ahmad (CNBC Indonesia/ Valentina Angel)

Jakarta, CNBC Indonesia - Raffi Ahmad dikenal sebagai artis serta bisa yang mampu menaikan rating acara televisi. Bukan cuma itu, kini Raffi juga dikenal sebagai pebisnis andal. Bahkan perusahaannya juga berencana untuk melakukan penawaran perdana saham pada tahun ini di Bursa Efek Indonesia.

Di sisi lain, sebenarnya, berapa banyak sih kekayaan Raffi Ahmad yang kerap disebut "Crazy Rich"? Apakah kekayaan Raffi benar-benar sebanyak itu hingga setidaknya bisa tercatat di Majalah Forbes?

Majalah Forbes melaporkan peningkatan kekayaan orang Indonesia di tengah upaya pemulihan ekonomi karena pandemi. Kekayaan gabungan 50 orang terkaya tanah air meningkat 22%. Angka itu naik dari US$162 miliar atau Rp 2.316 triliun dibandingkan tahun sebelumnya US$133 miliar atau Rp 1.901,90 triliun.


Namun, tak ada nama selebriti Raffi Ahmad dalam laporan kekayaan itu. Dia diketahui memiliki beberapa sumber pendapatan seperti dari konten Youtube, acara televisi, brand ambasador, hingga iklan serta endorsement melalui akun Instagram.

Artinya kekayaannya belum melebihi peringkat 50 yang dihuni Kartini Muljadi dan keluarga yang merupakan pemilik perusahaan farmasi Tempo Scan Pacific. Kekayaan bersih Kartini dalam laporan itu diperkirakan sebesar US$695 juta atau Rp 9,97 triliun.

Social Blade, perusahaan pelacak statistik dan analitik media sosial, memperkirakan pendapatan tahunan dari iklan RANS Entertainment adalah US$577,8 ribu hingga US$9,72 juta (Rp 8,29 miliar hingga RP 132,02 miliar).

Pendapatan bulanannya dari Youtube berkisar US$50,9 ribu-US$813,6 ribu (Rp 731,69 juta hingga Rp 11,7 miliar).

Sementara itu posisi puncak orang terkaya di Indonesia masih diisi oleh Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Total kekayaannya mencapai US$19,7 miliar atau Rp 285,65 triliun.

Pendiri grup Sinarmas berada di belakang keduanya dengan total kekayaan sekitar US$9,7 miliar atau Rp 138,71 triliun.

Di peringkat 3 ada Anthoni Salim dengan kekayaan bersih mencapai US$8,5 triliun, meningkat 44%. Ini karena investasi pada saham perusahaan yang sedang meroket seperti Emtek dan operator pusat data DCI.
Sri Prakash Lohia, miliarder yang juga pendiri Indorama Corporation diberkirakan mengantong kekayaan bersih sebesar US$6,2 miliar.

Pengusaha Prajogo Pangestu berada di urutan kelima dengan kekayaan US$6,1 miliar atau Rp 88,45 triliun. Pendapatannya menurun dari tahun lalu yakni US$6,5 miliar atau Rp 94,25 triliun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sultan Beneran! Raffi-Nagita Dapat Kado ATM di Rumah


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading