Alert! Temuan Kasus Covid di AS Nanjak Usai Konser Coachella

Lifestyle - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
01 May 2022 14:45
Concertgoers pose at the Coachella Valley Music and Arts Festival in Indio, California, U.S., April 14, 2018. Picture taken April 14, 2018. REUTERS/Mario Anzuoni

Jakarta, CNBC Indonesia - Coachella menjadi konser musik paling digemari dan ditunggu pada tahun ini usai absen selama dua tahun. Konser itu juga digelar tanpa menunjukkan tes negatif Covid-19 dan bukti vaksinasi.

Tidak lama usai konser ini digelar, kasus harian Covid-19 di Riverside County, California, naik 76% dalam dua pekan. Ini terjadi usai puluhan ribu orang berkumpul di sana untuk menonton festival selama dua akhir pekan terakhir.

Meskipun sebagian besar acara Coachella diadakan di luar ruangan, namun festival tersebut tidak mewajibkan pengunjung untuk memakai masker atau menunjukkan bukti vaksinasi atau tes Covid-19 negatif baru-baru ini.

"Ketika berada di dekat orang lain sambil bernyanyi, menari, makan dan minum (semua hal yang bisa dilakukan dalam festival Coachella) tidak mengherankan bahwa kita akan melihat penularan virus," ujar Anne Rimoin, seorang profesor epidemiologi di UCLA Fielding School of Public Health, dilansir dari NBC, Minggu (1/5/2022).

Sebelum konser Coachella digelar, rata-rata kasus Covid-19 harian di Riverside Country tercatat 102 kasus pada 14 April 2022. Namun, angka tersebut melonjak menjadi 180 kasus pada Kamis, 28 April 2022, atau 4 hari setelah festival musik itu berakhir.

Para ahli penyakit mengatakan, angka kasus positif itu kemungkinan kecil karena penggunaan umum tes di rumah. Sebagian besar peserta Coachella juga tinggal di luar daerah tersebut, sehingga kasus mereka akan dicatat di tempat lain jika mereka dinyatakan positif setelah pergi.

Menurut Ramoin, mungkin diperlukan setidaknya satu minggu lagi untuk mencatat seluruh cakupan infeksi.

Ketika Coachella 2022 diumumkan, penyelenggara menyatakan kewajiban vaksinasi bagi penonton. Namun, ketentuan itu diubah dua minggu kemudian dengan mengizinkan penonton datang hanya dengan membawa hasil tes Covid-19 negatif.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

5 Tanda yang Sering Diabaikan Jika Terpapar Covid-19


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading