Biar Mesin Awet, Begini Cara Gunakan Mobil Matic Saat Macet

Lifestyle - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 April 2022 17:20
Foto udara menunjukkan kemacetan kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2, Kebupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anda pengguna mobil matic dan melakukan perjalanan mudik tahun ini? Ada yang perlu diperhatikan, terlebih jika terjebak di kemacetan lalu lintas nantinya.

Dalam keadaan jalan merayap, posisikan tuas transmisi di D dan injak rem kaki. Berbeda halnya jika berada dalam jalanan macet serta mobil tak jalan sama sekali dalam beberapa menit.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan jika ada dalam kondisi tersebut pindahkan tuas transmisi ke posisi N. Saat itu jangan lupa untuk menginjak rem kaki.


Sebagai informasi saja D atau (Drive) menunjukkan berkendara. Sementara N atau Netral adalah saat mobil dalam posisi netral.

"Kalau itu berhenti maju berhenti maju tidak terlalu lama banget sekitar 30 detik sampai 1 menit itu dinetralkan dulu biar aman, jadi tidak ada beban, kopling nggak saling bergesekan," kata Suparna, dikutip dari detik.com, Jumat (29/4/2022).

Lalu bagaimana jika kita terjebak dalam kemacetan total dan mobil berhenti dalam waktu lama? Pastikan posisi tuas berada di P. Suparna juga mengatakan tidak perlu menginjak rem kaki saat kondisi tersebut.

Sebagai catatan huruf P menunjukkan Park. Artinya digunakan saat mobil diparkir.

"Saat berhentinya lama, itu kan harus dingin jadi lebih baik posisi di 'P'. Aki tetap nyala nggak usah nginjek rem kaki, kalau mau dibantu dengan hand rem nggak apa-apa juga," jelasnya.

Dia menambahkan jika posisi mobil maju dan berhenti sesaat gunakan D, berhenti untuk waktu lama pakai P dan sebentar gunakan N.

"Pokoknya maju berhenti sekejap pakai 'D', kalau berhenti nggak sampai lama dinetralkan aja. Berhenti lama baru pakai 'P'," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat! Jangan Bawa 6 Barang Ini Saat Mudik Naik Pesawat


(npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading