Ide Libur Lebaran 2022, 25 Tempat Wisata Bogor & Sekitarnya

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
28 April 2022 17:05
Taman Safari (Rafida Fauzia/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabupaten dan Kota Bogor merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga Ibu Kota. Selain jaraknya yang cukup dekat dari Jakarta, banyak juga tempat wisata di Bogor dan sekitarnya yang menawarkan suasana pemandangan alam yang asri dan sejuk.

Bogor telah berkembang menjadi kawasan wisata dengan sederet pesonanya yang indah. Bukan hanya kawasan Puncak saja yang layak dikunjungi, ada  puluhan tempat wisata Bogor lainnya yang tidak kalah menarik.


Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya untuk Ide Libur Lebaran

Berikut ini rangkuman rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Bogor selain kawasan Puncak:

1. Paralayang Bukit Gantole Puncak

Tempat wisata di Bogor yang pertama ini paling cocok untuk Anda bagi pecinta olahraga ekstrem. Lokasinya ada di Jalan Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak.

Anda bisa terbang dari ketinggian Puncak Bogor selama 10 menit. Selain paragliding, pengunjung juga bisa bersantai menikmati pemandangan kota Bogor dari ketinggian, bahkan bisa sambil selfie.

Tarif yang Anda butuhkan untuk menikmati wisata ini cukup Rp 13.000 untuk tarif masuknya dan Rp 350.000 untuk sekali penerbangannya.

2. Taman Wisata Gunung Pancar

Taman Wisata Gunung Pancar bisa dijadikan destinasi wisata di Bogor untuk merasakan nuansa piknik di tengah alam. Pengunjung juga bisa menikmati sejuknya hutan pinus.

Lokasinya berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan, Madang, Kabupaten Bogor. Di sini Anda bisa berkemah dan menikmati pemandangan alam yang cantik. Selain untuk berkemah, pemandangan di Taman Wisata Gunung Pancar ini juga sering diburu untuk foto pre-wedding.

3. Curug Cibaliung

Selain Taman Wisata Gunung Pancar, Karang Tengah juga memiliki objek wisata alam berupa curug yang cantik. Curug ini bernama Curug Cibaliung yang mempunyai air yang biru jernih dan sejuk. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan curug ini. Curug Cibaliung terletak di Taman Wisata Gunung Pancar, Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat.

4. Curug Ciherang dan Jembatan Kayu Gantung

Di tempat wisata Curug Ciherang, selain pemandangan curug yang menawan, Anda juga bisa melihat gardu pandang di ketinggian bukit dengan pemandangan alam yang indah.

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam melalui rumah pohon dan jembatan kayu gantung. Jembatan kayunya sendiri juga sangat unik. 

Anda bisa menikmati air terjun Ciherang yang memiliki ketinggian 30 meter. Tempat wisata di Bogor satu ini terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Tarif harga yang dikenakan hanya cukup Rp 5.000 saja.

5. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo sangat terkenal karena memiliki air yang jernih berwarna kebiru-biruan. Lokasinya pun dekat dengan Kota Bogor, hanya sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Bogor.

Disarankan bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata satu ini untuk tidak menggunakan kendaraan bermobil. Hal ini dikarenakan akses menuju ke Curug Leuwi Hejo terdapat banyak tanjakan curam. Curug satu ini berlokasi di Leuwi Hejo Trip Trekking, Karang Tengah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

6. Curug Pangeran

Curug Pangeran juga menjadi tempat wisata di Bogor yang sangat laris manis dikunjungi oleh para wisatawan. Curug pangeran memiliki air yang sangat jernih dan panorama yang indah di sekitarnya. Anda bisa merasakan suasana sejuk di sini. Tempat wisata satu ini berlokasi di Desa Gunung Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

7. Bogor Mini Zoo

Bogor Mini Zoo merupakan tempat wisata di Bogor yang mengusung tema wisata edukasi. Tempat wisata ini akan sangat cocok dikunjungi bersama keluarga terutama anak-anak untuk berkenalan dengan hewan-hewan.

Di tempat ini, anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan jinak. Bogor Mini Zoo berlokasi di Jalan RE. Soemantadiredja No. 61, Pamoyanan, Kota Bogor, Jawa Barat.

8. The Illusion Bogor

Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati spot-spot foto yang unik dengan sentuhan tema ilusi dari lukisan-lukisan tiga dimensi, serta properti serba terbalik untuk berswafoto ala film Upside Down.

The Illusion Bogor terletak di Jalan Tirta Nirwana Raya No. 119, Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

9. Bukit Alesano

Bukit Alesano merupakan bukit bintang versi Bogor yang menawarkan sensasi berkemah di ketinggian bukit dengan dikelilingi pemandangan kota Bogor yang indah di malam hari.

Tidak kalah menakjubkan, pengunjung juga bisa menikmati matahari terbit dengan pemandangan Gunung Salak dan Gunung Pangrango yang terlihat sangat cantik dari atas bukit Alesano. Tempat wisata ini terletak di Desa Cijeruk, Kabupaten Bogor.

10. Leuwi Lieuk

Tempat wisata di Bogor yang tergolong masih baru ini juga tidak kalah indah dengan tempat-tempat wisata di Bogor lainnya. Tempat ini berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah.

Untuk mencapai Leuwi Lieuk, Anda harus berenang dari Leuwi Cepet, kemudian trekking sekitar 5 menit. Sedikit ribet memang, tetapi pemandangan sungai hijau pirus yang menanti sepadan dengan usaha yang Anda lakukan.

11. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland dapat dikatakan sebagai Dufan-nya Bogor. Theme park yang dibangun berluas 35 hektar dan dilengkapi dengan 31 wahana permainan yang tidak membuat Anda cepat bosan.

Tarif yang dikenakan untuk memasuki tempat wisata ini yaitu Rp 100.000 untuk weekdays dan Rp 220.000 untuk hari Sabtu dan Minggu.

12. Rumah Air Bogor Nirwana Residence

Rumah Air Bogor yang terdapat di kawasan Nirwana Residence menyajikan sederet saung di tepi kolam di mana para pengunjung bisa menikmati beragam kuliner khas tradisional dengan diiringi live music.

Rumah Air Bogor mengusung konsep restoran Sunda yang berlokasi di Jalan Bogor Nirwana Residence, Jalan Boulevard CBD, Mulyaharja, Kota Bogor.

13. Warso Farm

Warso Farm, juga dikenal sebagai Kebun Durian Warso, merupakan tempat wisata liburan di Bogor yang bisa dikunjungi oleh para pecinta buah durian. Di tempat ini, Anda bisa memetik buah sendiri sembari menikmati kuliner olahan durian yang lezat.

Perkebunan seluas 22 hektar ini memiliki banyak jenis durian seperti durian Rancamaya khas Cijeruk, Montong, Musang King, Petruk, Chanee dan lain-lainnya. Selain durian, terdapat juga buah lainnya seperti nangka, naga, jambu monyet dan masih banyak lagi.

Dilengkapi dengan fasilitas outbond dan playground untuk anak-anak, Anda bisa mengunjungi Warso Farm di Jalan KH. Halimi, Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Bogor, Jawa Barat.

14. Wisata Agro Inkarla

Destinasi Wisata Agro Inkarla menawarkan banyak aktivitas menarik, mulai dari menikmati taman bunga, rumah pohon, lapangan bermain hingga area outbond. Anda juga bisa menginap di villa sambil menikmati indahnya taman bunga sekaligus merasakan sensasi istirahat dengan nuansa alam yang sangat kental.

Anda dapat mengunjungi tempat wisata satu ini, lokasinya tepat di Jalan Singa Barong, Cipanas, Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tempat Wisata di Bogor Ala Eropa
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading