Gaji Pas-pasan Tapi Mau Jadi 'Sultan'? Coba 4 Cara Ini

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 April 2022 13:25
coin piles and glass for investment in the future.

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang ingin menjadi sukses dan kaya raya hingga berjuluk sultan. Namun dengan keterbatasan pendapatan atau gaji, mimpi tersebut menjadi halangan.

Ternyata ada beberapa cara mengatur keuangan dengan gaji pas-pasan agar impian menjadi "sultan" menjadi kenyataan. Berikut paparannya:


1. Hindari Utang

Kecuali utang produktif, sebaiknya hindari utang sekalipun Anda membutuhkan uang. Jika Anda tidak memiliki utang, Anda dapat menggunakan 30% dari gaji untuk menambah anggaran masa depan, seperti berinvestasi atau menabung. Jika sudah terlanjur memiliki pinjaman, segera lunasi dan jangan menambah pinjaman.

2. Rajin menabung

Menabung tidak sama dengan berinvestasi. Namun pada kenyataannya, tujuannya sama yaitu untuk mengamankan keuangan di masa depan. Rekening tabungan sebenarnya persentasenya kecil dan tidak akan membuat Anda kaya.

Bahkan, uang Anda terkuras dari inflasi dan biaya administrasi. Tapi dengan menabung, Anda bisa belajar menyisihkan uang. Jika ingin hasil lebih, Anda bisa membuka deposito.

3. Investasi jangka panjang

Investasi adalah salah satu cara tepat untuk melipatgandakan uang. Uang diputar investasi dalam jangka panjang, maka hasilnya akan maksimal. Anda bisa berinvestasi 10% dari gaji Anda. Jika konsisten maka jumlahnya akan meningkat luar biasa dalam 10 tahun.

4. Tingkatkan skill

Meningkatkan keahlian atau kemampuan diri dapat menjadi jalan menuju kesuksesan dan kaya raya. Jangan berpuas diri, teruslah belajar menggali ilmu serta peluang yang ada untuk menghasilkan banyak uang.

Anda bisa meningkatkan keahlian, karier untuk lebih berkembang. Bukan tidak mungkin, gaji dan penghasilan Anda akan naik, dan mendapatkan banyak tawaran untuk meraih kesempatan yang lebih besar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini 8 Kebiasaan yang Harus Dilatih Jika Ingin Jadi Orang Kaya


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading