Puasa tapi Nonton Drakor Seharian, Bagaimana Hukumnya?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
11 April 2022 12:45
FILE PHOTO: The Netflix logo is pictured on a television remote in this illustration photograph taken in Encinitas, California, U.S., January 18, 2017.  REUTERS/Mike Blake/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Popularitas serial drama asal Korea Selatan makin meroket sejak pandemi. Hingga kini, drakor alias drama Korea menjadi pilihan hiburan favorit bagi sebagian masyarakat. 

Pertanyaannya, bagaimana jika seseorang menghabiskan seharian penuh nonton drakor saat berpuasa? Apakah pahala ibadahnya berkurang?

Ustadz Rumadi Ahmad dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyebut bahwa menikmati konten hiburan seperti drakor adalah hal yang mubah, artinya boleh-boleh saja. Namun, kegiatan tersebut bisa berdampak dosa kalau dengan menonton ini menimbulkan perbuatan yang jelek.


"Misalnya, dari menonton drama Korea atau drakor itu kemudian muncul suudzon kepada orang lain," ujarnya, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Senin (11/4/2022). 

Sebaliknya, menonton drakor juga bisa menjadi kebaikan jika mendorong orang untuk melakukan kebaikan atau membawa pelajaran baik yang bisa dia petik.

Pada prinsipnya, tidak ada larangan untuk menikmati konten hiburan saat berpuasa. Meski demikian, Ustadz Rumadi menilai, umat Muslim hendaknya memanfaatkan waktu Ramadan untuk beribadah atau melakukan kegiatan sosial, ketimbang hanya bermalas-malasan sambil menonton drakor.

"Meskipun itu perbuatan yang mubah, tapi di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Allah SWT menjanjikan pahala yang berkali lipat pada orang yang beramal baik, sayang jika kita habiskan hari, jam demi jam, detik demi detik Ramadan ini hanya dengan melakukan perbuatan seperti itu."

"Anda lebih baik menggunakan waktu Anda di bulan Ramadan untuk beribadah, amal kebaikan, kerja-kerja sosial, memikirkan kehidupan masyarakat kita lebih baik, bermusyawarah dengan orang untuk memakmurkan masjid dan sebagainya, itu pasti lebih mulia daripada melakukan hal-hal seperti tadi saya sebutkan."

Informasi selengkapnya >>> di sini


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

35 Rekomendasi Drama Korea Romantis, dari Lawas Sampai Baru!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading