Catat! Jangan Bawa 6 Barang Ini Saat Mudik Naik Pesawat

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 April 2022 12:15
Suasana kedatangan penumpang pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (30/3/2022). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Momen lebaran biasanya identik dengan mudik ke kampung halaman. Buat Anda yang mudik naik pesawat, ada sejumlah barang yang dilarang dibawa masuk ke kabin. 

Perlu diketahui, pesawat terbang adalah alat transportasi dengan teknologi yang sangat kompleks. Oleh sebab itu, ada prosedur barang bawaan yang dilarang demi menjaga keamanan seluruh penumpang dan kru saat di udara.

Berikut sejumlah barang yang tak perlu dibawa saat mudik dengan pesawat yang dirangkum CNBC Indonesia.


1. Aksesoris berbahan logam

Aksesoris berbahan dasar logam harus dilepas saat melewati pemeriksaan keamaan di bandara. Karenanya, pemakaian aksesoris logam kerap menghambat proses boardingSelain mempercepat proses pemeriksaan keamanan, hal tersebut mengantisipasi kemungkinan penumpang lupa mengenakan kembali aksesoris tersebut.

2. Korek

Benda kedua yang dikira tidak boleh dibawa adalah korek. Tapi tidak dengan otoritas keamanan bandara di Kanada. Di Kanada, penumpang diperkenankan membawa korek.

3. Gunting kuku dan alat pedikur

Dalam penerbangan, gunting kuku dan alat pedikur lain umumnya tidak diperkenankan untuk dibawa.

4. Cairan

Penumpang diminta menghindari membawa cairan dalam botol dengan tutup bentuk fliptop atau engsel. Pasalnya, tekanan udara saat pesawat terbang berada di ketinggian lebih rendah dibandingkan darat. Jadi, botol akan mendapatkan tekanan yang dapat mendorong tutupnya. Botol dengan tutup bentuk fliptop atau engsel lebih riskan terbuka akibat dorongan tersebut.

5. Produk makanan

Meskipun sudah diolah, beberapa produk yang dihasilkan dari hewan umumnya memiliki bakteri yang berpotensi menginfeksi banyak orang, contohnya keju dan susu. Terlebih produk seperti susu segar dan daging segar yang mengandung patogen yang dapat menginfeksi.

Tidak hanya itu, Anda juga dilarang membawa makanan benda berbau tajam. Nah, buah durian, buah nangka dan terasi masuk ke dalam benda-benda yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin karena aromanya yang menyengat.

6. Substansi kimia dan beracun

Cairan kimia dan beracun seperti baterai basah cair yang mengandung asam asidik dan alkali juga tidak boleh dibawa. Hal ini juga termasuk substansi korosif atau pemutih seperti air keras, klorin, semprotan pelumpuh seperti mace, cairan merica, gas airmata, dan material radioaktif. Dan yang terakhir material yang dapat menular atau membahayakan biologis seperti darah yang terinfeksi, bakteri dan virus.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pramugari Ingatkan Jangan Sentuh Ini di Toilet Pesawat!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading