Awas! Kena Covid & Flu Secara Bersamaan Bisa Berakibat Fatal

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
30 March 2022 15:15
Infografis/ Fakta Virus Corona/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Seseorang yang mengidap Covid-19 dan flu secara bersamaan meningkatkan risiko kematian. Oleh sebab itu, para ilmuwan mendorong pentingnya masyarakat melakukan vaksinasi flu saat pandemi Covid-19.

Dikutip dari The Guardian, bukti dari bahayanya terinfeksi Covid-19 dan flu di saat bersamaan berawal dari sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris. Kala itu, 58 orang mengikuti penelitian tersebut di awal pandemi merebak di Inggris.

"Seperti yang saya pahami, 43% orang dengan koinfeksi (mengidap flu dan Covid-19) meninggal dibandingkan dengan 26,9% dari mereka yang dites hanya positif Covid-19," kata Wakil Kepala Medis Inggris Prof Jonathan Van-Tam


"Ini adalah orang-orang yang telah dirawat di rumah sakit dan telah diuji untuk kedua virus tersebut," lanjutnya.

Meski begitu, studi tersebut perlu diteliti lebih lanjut. Sebab, hanya ada sejumlah kecil orang yang mengikuti penelitian ini.

"Tetapi temuan tersebut sesuai dengan pekerjaan (prosedur) lain yang telah dilakukan," kata Prof Jonathan.

Setiap orang kini didorong untuk melakukan vaksinasi flu. Mengingat beberapa bulan ke depan Inggris bersiap memasuki musim dingin.

"Flu dan virus pernapasan lainnya akan beredar musim dingin ini," kata Prof Yvonne Doyle selaku Direktur Medis Kesehatan Masyarakat Inggris yang menyebut flu membunuh antara 4.000 dan 22.000 orang setiap tahun, tahun lalu jumlah kematian berada di angka 8.000 kasus.

"Dan jika Anda merasa terserang flu atau Covid-19, tinggallah di rumah dan mengisolasi diri untuk melindungi diri sendiri. Anda akan merasa sangat sedih, tetapi ini untuk melindungi orang lain," kata Doyle.

Ada beberapa bukti bahwa flu dan virus lainnya termasuk Covid-19 bisa berisiko fatal. Dalam penelitian koinfeksi, mereka yang terkena flu dan Covid-19 berada dalam masalah serius.

"Jika Anda terkena keduanya, Anda berada dalam masalah serius, dan orang yang paling mungkin terkena kedua infeksi ini mungkin adalah orang yang paling tidak mampu dalam hal sistem kekebalan mereka sendiri, atau risiko mereka untuk hasil yang serius. Jadi tolong lindungi diri Anda dari flu," kata Doyle.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini

Artikel Selanjutnya

"Haram" Santap Makanan-minuman ini Kalau Anda Habis Divaksin


(miq/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading