Ada yang Rp100 Juta, Ini 10 Profesi dengan Gaji Tertinggi RI

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 March 2022 09:05
INFOGRAFIS, Survei Kenaikan Gaji Tahun 2021, Karyawan RI Naik Gaji Paling Tinggi di Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia - Gaji bulanan biasanya menjadi salah satu aspek penting yang dipertimbangkan seseorang ketika menerima pekerjaan baru. Ternyata,  ada lho sejumlah pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Bahkan ada yang jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

Penasaran profesi apa saja dengan gaji tertinggi di Indonesia? Merangkum dari laporan Michael Page, berikut daftar beberapa profesi di Indonesia yang tergolong memiliki gaji tertinggi.

1. C-Suite (Corporate Suite)


Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia pertama adalah level corporate suite. Gaji Chief Executive Officer, Chief Financial Officer dan Chief Operating Officer dapat berkisar dari Rp 150 juta hingga Rp 250 juta per bulan, dalam disiplin ilmu dari Properti & Konstruksi, Konsumen & Ritel, Bisnis & Layanan Keuangan hingga Industri & Manufaktur.

2. Risk Director atau Direktur Risiko

Banyak bisnis yang mengalihkan operasi mereka secara online, dan karena hal ini, manajemen risiko - baik itu risiko keuangan, risiko strategis, atau risiko kepatuhan - telah menjadi prioritas yang lebih besar dari sebelumnya. Itulah sebabnya Direktur Risiko yang memiliki pemahaman yang kuat tentang kompleksitas masalah risiko sangat dibutuhkan, khususnya di industri jasa keuangan. Profesional di bidang ini dapat mengharapkan gaji rata-rata Rp 180 juta per bulan.

3. Country Sales Manager

Sebagai bukti optimisme di industri Konsumen & Ritel pada 2022, Country Sales Manager yang mampu memimpin tim penjualan perusahaannya menuju kesuksesan besar akan mendapatkan kompensasi yang luar biasa. Dengan potensi untuk membawa pulang gaji sebesar Rp 175 juta sebulan, jumlah ini lebih dari apa yang didapatkan oleh rekan-rekan di industri lain.

4. Vice President of Government Relation

Hubungan antara perusahaan startup dan pemerintah telah membuat perusahaan Digital & Teknologi mencari Vice President of Government Relation. Orang ini harus menjadi penghubung yang memiliki pengetahuan industri yang diperlukan dan dapat bernegosiasi dengan baik dengan pemerintah. Seorang Vice President of Government Relation bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 170 juta sebulan.

5. Vice President of Data Science

Seseorang di jabatan ini bisa mendapatkan gaji Rp 150 juta per bulan. Dengan banyaknya bisnis yang ingin membangun tim data science dan analitik mereka tahun ini, para profesional teknologi informasi dengan kemampuan di bidang ini akan sangat dibutuhkan.

6. Kepala Strategi Perusahaan

Head atau Director of Corporate Strategy in Business & Financial Services bisa mendapat penghasilan sekitar Rp 150 juta sebulan. Profesi ini memimpin jalannya bisnis dan mendorong upaya strategis untuk mencapai tujuan pengembangan bisnis jangka panjang.

7. Direktur Proyek

Direktur Proyek yang bertanggung jawab untuk mengelola proyek-proyek akan diberi kompensasi sekitar Rp 150 juta setiap bulan. Posisi ini harus paham pada isu-isu strategis yang berkaitan dengan optimalisasi biaya, reformasi pajak, efisiensi proses dan perubahan iklim.

9. Direktur Teknis

Direktur Teknis bertanggung jawab melakukan pembelian sistem teknologi, mengawasi pemasangannya, dan melatih staf mereka untuk menggunakan teknologi baru selama produksi. Gaji rata-rata Direktur Teknik sekitar Rp 130 juta.

10. Direktur Pemasaran

Direktur pemasaran bertanggung jawab atas strategi pemasaran dan komunikasi, serta branding dan citra perusahaan. Mereka menyiapkan rencana pemasaran tahunan, membuat kalender kampanye dan acara, menetapkan anggaran pemasaran dan menganalisis pasar dan pesaing. Direktur Pemasaran di sektor Konsumen & Ritel, Industri & Manufaktur bisa mendapat gaji antara Rp 120 juta hingga Rp 130 juta per bulan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Simak! 5 Pekerjaan Paling Banyak Dibutuhkan di 2022


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading