Tempe Tak Harus dari Kedelai, Ini 5 Kacang yang Bisa Diolah

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
22 February 2022 09:25
Ilustrasi kacang hijau (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tingginya harga kedelai belakangan ini membuat sejumlah produsen tempe kesulitan hingga terancam stop produksi. Hal ini tentu bisa berpengaruh pada suplai tempe di dalam negeri. 

Meski begitu, Anda sebetulnya tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, ada banyak alternatif kacang yang bisa diolah menjadi pengganti kedelai untuk membuat tempe rumahan. Apa saja?

1. Kacang hijau


Kacang hijau juga bisa jadi bahan baku tempe menggantikan kedelai yang langka. Sebelum diproses, kacang hijau harus dibersihkan dari kulitnya, kemudian direndam dalam air.

Kacang hijau juga kaya akan protein. Nutrisinya bahkan dilengkapi dengan kalsium dan fosfor. Selain itu, ada juga lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kolesterol.

2. Kacang koro

Kacang koro memiliki ukuran yang lebih besar dari kacang kedelai. Jenis kacang ini biasa diolah menjadi tempe oleh masyarakat Yogyakarta. Kacang koro memiliki cita rasa gurih,

Karenanya cocok saat diolah jadi tempe. Kacang koro juga kaya akan nutrisi, mulai dari tiamin, zat besi, tembaga, fosfor dan kalium. Makan kacang ini bisa menyehatkan jantung.

3. Kacang tanah

Jenis kacang yang banyak ditemui di Indonesia ini juga bisa dijadikan alternatif pengganti kedelai untuk membuat tempe. Tempe yang terbuat dari kacang tanah ini biasa ditemui di Yogyakarta dan beberapa daerah Jawa Timur.

Tempe dengan kacang tanah ini memiliki tekstur yang berbeda dengan tempe dari kacang kedelai, karena cenderung kasar. Selain itu, rasanya juga sedikit hambar jika dimakan mentah.

4. Kacang tolo

Selain sebagai camilan, kacang tolo umumnya diolah menjadi gulai atau campuran sambal goreng krecek. Namun, jenis kacang ini juga cocok jadi bahan baku pembuatan tempe.

Ukuran kacang tolo lebih kecil daripada kacang kedelai. Jika dibuat tempe, teksturnya akan lebih padat. Kacang ini juga tinggi protein, kalsium, folat dan serat.

5. Kacang gude

Jenis kacang ini memang kurang akrab di telinga orang Indonesia. Kacang gude memiliki cita rasa dan aroma yang unik. Namun, kacang gude kurang diminati masyarakat.

Padahal jenis kacang ini mengandung protein dalam jumlah yang tinggi. Selain itu juga ada kandungan zat besi, fosfor dan vitamin C. Kacang gude ini juga cocok jadi bahan baku tempe.

Informasi selengkapnya baca di sini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cara Mudah Buat Minyak Kelapa Pengganti Minyak Goreng


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading