Tak Perlu Emosi, Ini Jawaban Cerdas Saat Ditanya Kapan Nikah

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
01 March 2022 16:45
Petugas menunjukkan cincin perak di pasar mas Cikini, Senin, 22/11. Harga perak dunia turun pada perdagangan ini di tengah kebimbangan antara potensi inflasi yang lebih tinggi dan sikap The Fed yang menahan suku bunga. Harga perak di pasar spot tercatat US$ 15,0200/troy ons, turun 0,12% . Pantauan CNBC Indonesia di lokasi. Harga perak terpantau stabil Di toko Bukit Mas, harga perak dijual per-ring seharga Rp700 ribu. Di Toko Yossi berlian perak dijual per gram seharga Rp200 ribu.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketika beranjak dewasa dan cukup umur, banyak orang dihadapkan dengan pertanyaan seputar rencana pernikahan. Pertanyaan tersebut seringkali membuat seseorang yang ditanya tidak nyaman, apalagi bagi mereka yang belum menemukan pasangan. Namun, Anda sebetulnya tidak perlu buru-buru emosi saat mendapat pertanyaan tersebut karena ada cara untuk menjawabnya dengan elegan.

Berikut adalah jawaban cerdas ketika Anda yang pusing ditanya kapan nikah:

1. Tak mau asal cari pasangan


Stigma seseorang tentang kenapa Anda sampai saat ini belum menikah di saat teman-teman Anda sudah menikah harus segera dipatahkan. Buktikan bahwa Anda adalah seseorang yang tak mau asal dalam hal cari pasangan hidup. Menikah adalah suatu komitmen jangka panjang. Karena itu, Anda bisa menjawab bahwa Anda tidak bisa sembarangan untuk memilih dengan siapa akan menghabiskan hari bersama sampai tua nanti.

2. Belum dipertemukan dengan jodoh

Ini memang jawaban klise yang biasa kita dengar, tapi kadang-kadang dalam hidup kita harus berpasrah kepada sang pencipta tentang jodoh setelah berusaha mencari seseorang pendamping hidup.

3. Nanti ada waktunya

Meskipun harus berpasrah perihal jodoh, Anda tetap harus berpikiran positif bahwa Anda akan menemukan jodoh di waktu terindah. Berpikir positif juga akan menjadi mindset dan doa agar seseorang yang akan menemani Anda sepanjang hidup akan datang di waktu yang tepat. Jawaban tersebut bisa memberikan kesan bahwa Anda adalah pribadi yang selalu berpikir positif kepada Tuhan.

4. Minta doakan saja

Saat ditanya kapan menikah, Anda cukup membalas dengan tersenyum dan meminta penanya untuk mendoakan yang terbaik. Bertutur kata lembut dan sopan juga sangat penting untuk menghindari penilaian-penilaian negatif orang lain.

5. Masih banyak pekerjaan dan target yang belum tercapai

Ini merupakan jawaban diplomatis bagi Anda yang sering ditanya 'kapan nikah?'. Jawaban ini menunjukkan Anda merupakan pribadi yang bertanggung jawab terhadap masa depan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apa Benar Orang Pintar Susah Dapat Jodoh? Ini Kata Riset


(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading