9 Manfaat Pull Up Bagi Kesehatan Tubuh, Lakukan Secara Rutin!

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
14 February 2022 19:21
Ilustrasi Pull Up (Photo by Anastase Maragos on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pull up adalah salah satu bentuk latihan kekuatan yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan massa otot. Latihan ini bermanfaat untuk membentuk tubuh, terutama otot lengan dan tubuh bagian atas.

Anda cukup melakukannya dengan cara menggantungkan tubuh ke sebuah medium tumpuan yang cukup kuat, contohnya pull bar atau palang tunggal yang memang sudah didesain khusus untuk melakukan gerakan ini.

Kemudian dengan menggunakan kedua tangan Anda, tubuh diangkat dan diturunkan secara berulang-ulang. Pastinya gerakan tersebut sudah tidak asing lagi bukan?


Manfaat Pull Up

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari latihan gerakan ini apabila dilakukan secara rutin. Bagi sebagian orang, pull up sendiri dilakukan secara rutin agar mendapatkan tubuh yang lebih atletis.

Gerakan ini akan sulit dikuasai pemula pada awalnya, tetapi jika ditekuni secara terus menerus, latihan ini bisa membantu membentuk otot lengan, punggung, dan inti tubuh.

Lalu apa saja manfaat pull up untuk kesehatan tubuh jika dilakukan secara rutin? Berikut telah kami rangkum 9 manfaat pull up bagi kesehatan:

1. Memperkuat Otot Punggung

Manfaat pull up bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat memperkuat otot punggung. Bagian dari otot punggung yang dimaksud yaitu:

  • Infraspinatus, yaitu otot punggung yang letaknya ada di tulang belikat
  • Latissimus dorsi, yaitu otot punggung yang ukurannya paling besar. Otot ini membentang dari punggung bagian tengah hingga ke bawah ketiak dan tulang belikat.
  • Trapezius, yaitu otot punggung yang lokasinya berada di leher bagian belakang hingga bahu.
  • Thoracic Erector Spinae, yaitu otot punggung yang terdiri dari tiga otot dan membentang sepanjang tulang belakang

2. Memperkuat Otot Lengan dan Bahu

Manfaat pull up selanjutnya yaitu dapat memperkuat otot lengan dan bahu. Hal ini dikarenakan gerakan pull up akan berpusat pada kedua bagian tubuh tersebut.

Jika Anda yang ingin membentuk dan memperkuat lengan dan bahu, sebaiknya lakukan gerakan latihan pull up ini secara rutin. Dalam melakukan gerakan ini jangan terburu-buru, tetapi lakukan secara perlahan-lahan dalam durasi yang singkat. Jika sudah mulai terbiasa, Anda bisa menambah intensitas latihannya.

3. Meningkatkan Kekuatan Genggaman Tangan

Latihan pull up juga bisa membantu meningkatkan kekuatan genggaman tangan. Hal ini dikarenakan saat melakukan pull up, bagian telapak tangan akan menggenggam pull up bar dengan kuat untuk menahan tubuh. Jika dilakukan secara rutin dan benar, tingkat kekuatan genggaman tangan Anda pasti akan berubah.

Genggaman tangan yang kuat akan membantu Anda melakukan aktivitas-aktivitas seperti bermain golf, bermain bulu tangkis, atau membawa barang-barang yang berat.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Latihan pull up menurut sejumlah penelitian terbukti mampu menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan sehat. Untuk memperoleh efektivitas yang maksimal, Anda perlu melakukannya setidaknya tiga kali dalam seminggu. Pastikan Anda juga melakukan latihan ini dengan benar agar menghindari cedera otot yang mungkin saja terjadi.

5. Mencegah Diabetes

Latihan ini dapat membantu kadar gula darah agar tetap stabil sehingga menurunkan resiko terkena diabetes. Namun, jika diabetes yang Anda derita sudah cukup parah, Anda wajib melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena latihan fisik ini justru bisa membahayakan keselamatan.

6. Meningkatkan Kesehatan Mental

Pull up secara rutin juga bisa membantu Anda meningkatkan kesehatan mental dan akan membantu seseorang untuk mengatasi gangguan mental seperti stres, cemas, depresi, dan rasa lelah. Saat Anda berolahraga, tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin yang bisa melepaskan rasa sakit dan memberikan energi positif.

7. Meminimalisir Adanya Nyeri Sendi

Pull up juga bisa meminimalisir adanya nyeri akibat radang persendian, khususnya pada punggung bagian bawah yang mana rasa nyeri tersebut muncul akibat dari penyakit arthritis atau radang sendi maupun kondisi lainnya yakni fibromyalgia.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pull up selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, pull up juga bisa meminimalisir organ kardiovaskular ini dari mengalami gangguan kesehatan yang bisa mengancam keselamatan jiwa.

9. Meningkatkan Rasa Kepercayaan Diri

Memiliki tubuh yang atletis dan ideal juga merupakan salah satu manfaat dari olahraga latihan pull up secara rutin. Maka dari itu, pull up juga akan menambah rasa percaya diri pada seseorang.

Nah, itu dia beberapa manfaat pull up yang bisa Anda dapatkan jika dilakukan secara benar dan rutin. Idealnya, latihan fisik ini dilakukan secara rutin yakni 2-3 kali dalam seminggu. Untuk pemula, akan lebih baik jika didampingi dengan orang profesional untuk mencegah terjadinya cedera otot.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading