Ini Lho Cara Pakai Ulang Masker N95

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 January 2022 10:10
INFOGRAFIS, Dampak Penggunaan Masker N95

Jakarta, CNBC Indonesia -- Salah satu masker yang direkomendasi para ahli untuk dipakai demi mencegah penularan Covid-19 adalah masker N95 karena kemampuannya menangkal partikel udara terkecil. Meski ditetapkan sebagai kategori masker 'sekali pakai', para ahli sepakat bahwa masker N95 sebenarnya bisa dipakai berulang kali. Bagaimana caranya?

Mengutip CNN Internasional, masker N95 benar-benar dirancang untuk menangkal banyak partikel dan akan terus bekerja dengan baik bahkan setelah digunakan di dalam ruangan yang ramai seperti di kereta. Untuk menggunakan kembali masker N95 seaman mungkin, hindari menyentuh bagian luar masker saat memakainya. Sebagai gantinya, cobalah untuk memegangnya di bagian tepi atau talinya. Hindari juga memegang bagian tepat di depan tempat Anda bernapas, seperti di depan hidung dan mulut. 

Meski terbukti efektif menangkal penyebaran virus, tetap ada pengecualian dalam menggunakan ulang masker N95.


"Jika saya bekerja di kantor dan saya mengenakan N95 dan seseorang di kantor saya dinyatakan positif, saya tahu saya terlindungi dengan baik dengan N95. Tapi saya akan membuang masker itu karena dia telah melakukan tugasnya untuk menangkal virus dan saya tidak ingin mengambil risiko virus menempel di sana dan sampai ke tangan saya," kata Erin Bromage, associate professor Ilmu Biologi di University of Massachusetts Dartmouth. 

Selain itu, jika masker menjadi lembap, terlihat kotor, bengkok, kusut, atau rusak -- termasuk karena memakai riasan -- Anda perlu menggantinya karena kondisi ini dapat menurunkan efektivitas masker.

Cara membersihkan masker N95

Semakin lama dan semakin sering dipakai, maka masker N95 akan semakin terkontaminasi, namun partikel akan mati dalam beberapa jam, dan bahkan lebih cepat jika Anda meletakkan masker di bawah sinar matahari.

"Hal-hal seperti suhu dan sinar matahari berpengaruh, tetapi Anda tidak perlu memasukkannya ke dalam oven atau microwave," kata Bromage.

Menurut Marr, lantaran masker N95 memiliki muatan statis khusus yang membantu menyaring virus, Anda tidak boleh mencuci masker, karena air akan menghilangkan kemampuannya.

Secara keseluruhan, risiko kontaminasi dalam menggunakan kembali masker N95 jauh lebih rendah daripada risiko Anda tidak mengenakan N95 dan menghirup partikel.

Alasan mengapa N95 ditetapkan sebagai masker sekali pakai adalah karena mereka dikategorikan sebagai masker medis. Dalam aturan medis, petugas kesehatan mengganti masker lebih sering untuk menghindari kontaminasi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kamu Punya Gejala Kaya Gini? Lakukan Tes Covid-19 Secepatnya!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading