Kimchi Bisa Perbaiki Kehidupan Seks, Benarkah?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
14 January 2022 17:30
kimchi Foto: CNBC

Jakarta, CNBC Indonesia - Kimchi, sayuran fermentasi khas Korea, dikenal kaya akan kandungan probiotiknya yang dapat melancarkan pencernaan. Namun, siapa sangka kalau makanan tradisional satu ini juga punya potensi meningkatkan kehidupan seksual Anda. 

Proses fermentasi dalam pengolahan kimchi membuatnya menghasilkan bakteri baik bernama Lactobacillus kimchii. Karena itu, kimchi dinobatkan sebagai makanan probiotik dengan manfaat yang sejajar dengan yoghurt.

Mengutip Healthline, probiotik ternyata punya potensi meningkatkan kehidupan seks seseorang. Namun, seberapa besar potensi itu tergantung pada kesehatan usus dan kehidupan seks Anda saat ini.


Ketika berbicara tentang kesehatan usus, kita biasanya mengaitkan tentang komposisi miliaran bakteri, archaea, dan jamur di dalam usus yang dikenal sebagai mikrobioma. Nah, mikrobioma ini mempengaruhi segala macam hal yang berkontribusi pada minat Anda akan seks dan kepuasan seksual secara keseluruhan.

Faktanya, sekitar 95 persen serotonin atau hormon kebahagiaan dalam tubuh diproduksi di usus. Untuk menghasilkan jumlah serotonin yang optimal, usus harus dalam kondisi prima. Dan menurut Dr. Anna Cabeca, dokter ahli kandungan dan penulis "The Hormone Fix", serotonin rendah dikaitkan dengan dorongan seks yang lebih rendah. Hal ini tentu masuk akal karena seseorang yang sedang sedih cenderung tidak tertarik melakukan aktivitas lain di atas kasur selain tidur. 

Fakta menarik lain yakni serotonin juga ditemukan di alat kelamin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika kadar serotonin Anda turun, respons fisik Anda terhadap dorongan seksual juga turun.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading