Kiat Sukses Kumpulkan Ratusan Juta Rupiah di Usia 20-an

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 January 2022 08:30
Ilustrasi Menabung (Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi sebagian orang, memiliki tabungan ratusan juta di usia 20-an memang terlihat susah. Namun, ternyata hal tersebut sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan.

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan agar Anda memiliki uang sendiri di usia 20-an. Hal ini tentu juga membuat Anda bisa lebih mandiri dan melangkah lebih dekat dengan kesuksesan di masa depan.

Berikut kiat sukses mengumpulkan ratusan juta di usia muda seperti yang dirangkum CNBC Indonesia.


1. Hemat

Meski terdengar klise, menghemat merupakan tips yang paling masuk akal agar Anda bisa mencapai tujuan finansial. Meskipun Anda mampu membeli segalanya, tapi jika tidak mampu menghemat dan mengelolanya dengan baik maka hal tersebut juga sia-sia. Jadi, salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menarik banyak uang adalah belajar menghemat. Jika memungkinkan, Anda bisa mengalihkan uang yang dimiliki untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

2. Punya sumber pendapatan lain

Di usia 20-an biasanya seseorang baru pertama kali bekerja dan mendapat pengalaman profesional. Namun, selain pekerjaan utama, Anda juga bisa mendapatkan banyak pembelajaran dengan mengasah keahlian dan mencari sumber pendapatan lain. Cobalah cari penghasilan tambahan dengan mencoba membangun bisnis kecil-kecilan atau mengambil side project yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

3. Investasi

Mulailah untuk belajar berinvestasi. Usia 20-an adalah masa yang tepat untuk mengalami kegagalan dan mencoba lagi. Di usia tersebut Anda masih sangat produktif dan uang Anda juga belum terlalu banyak, sehingga resiko lebih kecil.

4. Tingkatkan Skill

Jangan pernah merasa puas dengan keahlian yang sudah Anda miliki saat ini. Sebab, hal ini akan membuat karir tidak berkembang. Untuk itu, teruslah upgrade keahlian yang Anda miliki. Cari tahu keahlian apa saja yang perlu ditambah agar karir bisa berkembang pesat.

5. Tunda punya kartu kredit

Sepertinya semua orang sudah tahu kalau berhutang itu tidak baik untuk dilakukan, tetapi terkadang melakukan kredit itu baik jika memang diperlukan. Memiliki kartu kredit harus diimbangi dengan sifat yang bertanggung jawab, karena jika Anda belum siap, kartu kredit akan membawa malapetaka dalam hidup.

Untuk itu, selama belum diperlukan, jangan miliki kartu kredit. Tapi jangan juga bersikap anti pada kartu kredit, karena jika digunakan dengan bertanggung jawab kartu kredit akan sangat berguna.

6. Jangan terbawa tren

Generasi muda cenderung memiliki gengsi yang tinggi terutama dalam hal tren. Tren yang selalu berubah membuat banyak anak muda jadi sangat boros. Keinginannya untuk selalu up-to-date membuat mereka berusaha sekuatnya untuk selalu membeli barang-barang yang sedang nge-tren. Salah satu barang yang sering menjadi patokan dalam hal tren adalah gadget. Mengikuti gengsi hanya membuat Anda tidak akan puas dan menghambat rencana sukses Anda.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading