'Butter' BTS Satu-satunya Lagu Terjual 1 Juta Copy di AS

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 January 2022 13:40
FILE - In this May 21, 2021, file photo members of South Korean K-pop band BTS pose for photographers ahead of a press conference to introduce their new single

Jakarta, CNBC Indonesia - Boygrup BTS terus menjaga dominasinya di industri musik K-Pop. Melalui salah satu lagunya yang berbahasa Inggris, Butter, grup yang memiliki tujuh personel ini kembali mencetak prestasi baru. Butter menutup 2021 sebagai satu-satunya single yang mencapai satu juta penjualan di Amerika Serikat.

Mengutip Forbes, lagu Butter milik BTS juga dinobatkan sebagai lagu terlaris tahun 2021 di AS. Lagu itu sudah terjual sebanyak 1.889 juta copy sepanjang tahun, berdasarkan laporan tahunan MRC Data.

Prestasi yang diraih BTS tersebut cukup fenomenal mengingat tidak banyak lagu yang bisa mencapai angka penjualan lebih dari 1 juta copy akhir-akhir ini. 


Tak hanya itu, tahun 2021 juga menandai tahun kedua berturut-turut bagi BTS menjadi satu-satunya musisi yang lagunya terjual satu juta salinan di Amerika. Nyaris tidak ada musisi lain yang memiliki peluang untuk bersaing dengan band pop Korea Selatan tersebut.

Butter memulai debutnya di posisi No. 1 di Hot 100 pada awal Juni, dan akhirnya menduduki peringkat menyeluruh dari lagu-lagu yang paling banyak didengar di AS. Lagu ini juga tampil positif di platform streaming dan di radio. Tetapi, penggemar yang membeli lagu Butter dalam jumlah besarlah yang memainkan peran terbesar dalam mengantarkan BTS tepat ke posisi puncak dalam penghitungan.

Sebelumnya, lagu lainnya milik BTS, yakni Dynamite juga mengakhiri tahun 2020 sebagai satu-satunya lagu yang mencapai jumlah penjualan terbaik saat itu. Butter sekarang berada di level yang sama dengan Dynamite. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gokil BTS! Butter Bertahan 12 Minggu di Billboard Hot 100


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading