Pandemi Masih Menghantui, Wajib Persiapkan Hal Ini di 2022

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 January 2022 12:50
Dana Darurat

Jakarta, CNBC Indonesia - Warga dunia masih dihadapkan pada banyak ketidakpastian meski tahun sudah kembali berganti. Ancaman virus corona yang belum berhenti harusnya menjadi pengingat agar kita selalu mawas diri. 

Mengawali tahun 2022 ini, tim CNBC Indonesia telah merangkum lima hal berikut untuk membantu Anda mempersiapkan diri agar bisa menjalani hidup yang lebih aman terkendali. 

1. Asuransi

Belajar dari kasus pandemi yang sulit diprediksi, banyak orang yang makin sadar pentingnya memiliki asuransi, baik asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Asuransi merupakan salah satu pondasi keuangan yang penting. Ia memberikan proteksi yang bisa membantu Anda memimalisir risiko kerugian finansial akibat kejadian-kejadian besar yang bisa mengguncang keuangan. Misalnya, kejadian sakit yang menimbulkan pengeluaran biaya medis ke rumah sakit.


Di tengah wabah penyakit menular, risiko sakit dan kematian turut meningkat. Dengan memiliki asuransi, risiko kerugian finansial itu bisa diminimalisir sehingga keuangan bisa lebih stabil.

2. Dana Darurat

Ibarat berhadapan dengan badai yang datang mendadak, memiliki dana darurat adalah pertahanan pertama agar keuangan pribadi tidak langsung tersuruk. Dalam situasi genting, keberadaan dana darurat akan sangat berarti.

Dana darurat akan bertindak sebagai pengganti penghasilan sementara yang memungkinkan Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan membayar kewajiban seperti pengeluaran untuk listrik, air, internet juga cicilan utang bila ada. Tanpa dana darurat, Anda akan dengan mudah terjebak masalah utang.

3. Tingkatkan Skill

Meningkatkan skill bisa menjadi ide resolusi tahun baru yang produktif karena di era sekarang, skill atau kemampuan adalah hal yang sangat berharga.

Anda bisa mulai dengan menetapkan materi-materi apa saja yang sebelumnya masih belum dipahami dan dikuasai betul, bisa dievaluasi dan dijadikan target untuk dipelajari dan dikuasai di tahun depan. Semakin banyak skill yang dikuasai seseorang, kesempatan-kesempatan dan peluang di masa depan juga akan semakin terbuka lebar. Jadi jangan sampai waktu berlalu dan menua tanpa punya skill apa-apa.

4. Target Finansial

Stabilitas keuangan adalah salah satu hal yang harus Anda tambahkan di dalam daftar resolusi 2022 Anda. Sebab tak dapat dipungkiri, kestabilan dalam hal finansial akan membawa Anda pada hidup yang lebih nyaman dan tentram.

Mulailah dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulan untuk mengetahui bagaimana Anda mengelola keuangan. Untuk itu, tentukan pos pengeluaran prioritas dan pos yang perlu dikurangi. Tidak lupa, catat juga tujuan yang ingin dicapai, mulai dari saldo tabungan, investasi, jalan-jalan, belanja barang pribadi dan lain sebagainya.

5. Mindset yang tepat

Awali tahun 2022 dengan mindset yang tepat sebab cara berpikir sejatinya mempengaruhi cara berperilaku dan sifat seseorang. Jika mindset yang dibangun sudah salah, maka resolusi hanya tinggal keinginan belaka atau malah hanya sebagai ajang keren-kerenan di media sosial. Tetapi jika mindset yang dibangun sudah tepat, maka tanpa perlu menghadirkan resolusi tahun baru pun pribadi kita akan menjadi lebih baik dengan sendirinya.

Jadi tahun 2022 ini, mari mulai dengan perbaikan pola pikir terlebih dahulu.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading