Mengintip Rumah Sakit Khusus Boneka di Portugal

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
04 January 2022 14:35
Hospital de Bonecas (Tangkapan Layar via website hospitaldebonecas.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anda mungkin sudah sering mendengar rumah sakit untuk hewan, tapi bagaimana dengan rumah sakit khusus untuk boneka?

Manuela Cutileira, wanita asal Lisbon, Portugal, merupakan pemilik Hospital de Bonecas alias rumah sakit khusus boneka, sebuah bisnis keluarga yang didirikan sejak tahun 1830 dan telah diwariskan lintas generasi.

Sama seperti rumah sakit pada umumnya, Hospital de Bonecas memiliki banyak tempat tidur. Manuela juga menerapkan prosedur untuk setiap 'pasien' yang datang ke rumah sakitnya. "Pertama-tama, kami akan melakukan pemeriksaan, kemudian membuat bagan, lalu menetapkan nomor tempat tidur -- seperti yang biasa dilakukan di rumah sakit umum," kata Manuela, seperti dikutip NPR


Hospital de Bonecas (Tangkapan Layar via website hospitaldebonecas.com)Foto: Hospital de Bonecas (Tangkapan Layar via website hospitaldebonecas.com)
Hospital de Bonecas (Tangkapan Layar via website hospitaldebonecas.com)

Setelah memeriksa boneka yang menjadi pasien, Manuela baru menentukan pengobatan yang dibutuhkan. Jika kondisinya ringan, hari itu juga ia biasanya langsung menginfokan biaya yang harus dibayar pemilik boneka. Jika kondisi boneka dinilai cukup serius, maka keluarga diminta untuk meninggalkan boneka kesayangan mereka di rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Sejak pertama didirikan di abad ke-19, Hospital de Bonecas telah menjalankan 'operasi' pada boneka kesayangan anak-anak. Bisnis unik ini merupakan fasilitas tertua yang masih bertahan di Portugal di mana para pengrajin biasa melakukan transplantasi anggota tubuh boneka yang rusak atau menjahit baju mereka yang robek. Manuela sendiri, sang empunya bisnis, dulunya merupakan seorang guru. Ia mengambil alih Hospital de Bonecas sejak orang tuanya pensiun. 

Banyak 'Pasien' Jelang Natal

Hospital de Bonecas biasanya makin sibuk menjelang Natal. Sebab, dengan angka kemiskinan di Portugal yang makin tinggi, banyak orang tua memilih memperbaiki boneka kesayangan anak mereka ketimbang membeli yang baru. "Ketika menjalani masa yang sulit, orang punya kecenderungan untuk lebih menghargai apa yang mereka punya ketika mereka senang. Dan boneka-boneka ini dianggap sebagai bagian dari sejarah sebuah keluarga. Mereka punya arti yang besar," kata Manuela.

Berbagai macam 'penyakit' bisa disembuhkan di rumah sakit ini, seperti suara boneka yang hilang sampai rambut boneka yang rontok. Menurut Manuela, ia dan timnya juga menerima berbagai macam jenis boneka, mulai dari boneka porselen kuno sampai Barbie keluaran terbaru. "Ini yang membuat rumah sakit kami unik," ujarnya, bangga. 

Hospital de Bonecas sendiri menempati sebuah bangunan tua bekas sekolah di Lisbon, Portugal. Dindingnya dihiasi keramik khas Portugal. Di dalam rumah sakit ada rak kaca yang berisi organ tubuh boneka; ada kaki, lengan, kepala, dan mata. Semuanya didapat dari para donor. Meski masih aktif beroperasi seperti layaknya rumah sakit, Hospital de Bonecas juga belakangan menjadi atraksi turis yang datang ke Lisbon. 

Hospital de Bonecas (Tangkapan Layar via website hospitaldebonecas.com)Foto: Hospital de Bonecas (Tangkapan Layar via website hospitaldebonecas.com)
Hospital de Bonecas (Tangkapan Layar via website hospitaldebonecas.com)

Koleksi Ribuan Boneka Bernilai Tinggi

Selain merawat dan mengobati boneka yang sakit, Manuela juga memiliki ribuan koleksi boneka, mulai dari boneka antik German S" celluloid dolls dari abad ke-19 sampai Barbie vintage edisi terbatas. Semua koleksi tersebut diprediksi memiliki nilai yang tinggi.

Meski demikian, Manuela mengaku tidak pernah mencari tahu berapa harga mereka. Ia nampak tidak terlalu peduli dengan nilai dari boneka-boneka tersebut. 

"Kami ini rumah sakit dan semua pasien mendapat perlakuan yang sama. Kami tahu mereka bisa bernilai tinggi, tapi mereka semua sama di mata kami. Kalian tidak bisa menempelkan label harga pada boneka-boneka ini." 


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading