Patung Cristiano Ronaldo Dihujat Warga India, Kok Bisa?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 December 2021 17:20
Serbia's Nikola Milenkovic, top, duels for the ball with Portugal's Cristiano Ronaldo, center left, and Portugal's Danilo Pereira, right, during the World Cup 2022 group A qualifying soccer match between Portugal and Serbia at the Luz stadium in Lisbon, Sunday, Nov 14, 2021. (AP Photo/Armando Franca)

Jakarta, CNBC Indonesia - Patung megabintang sepak bola dunia, Cristiano Ronaldo baru saja diresmikan Goa, India. Patung Ronaldo didirikan dengan tujuan menginspirasi anak muda di sana. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Banyak warga lokal yang protes mengenai keberadaan patung itu. Apa penyebabnya?

Goa merupakan bekas jajahan Portugis dan Ronaldo adalah bintang sepakbola asal negara tersebut. Presiden Forum Konstituen Calangute, Premanand Divkar mengatakan bahwa pesepakbola lokal yang seharusnya dihormati dan dijadikan inspirasi, bukan pesepakbola dari negara bekas penjajah. 

Divkar menilai, pemain hebat yang berasal dari Calangute, yang merupakan salah satu wilayah di Goa, seperti Bruno Coutinho dan Yolanda D'Souza, lebih pantas untuk dibuatkan patung karena jasa yang telah mereka berikan kepada dunia sepak bola India.


"Sangat kecewa mendengar patung Ronaldo didirikan. Belajarlah untuk bangga dengan ikon kita sendiri seperti Samir Naik dan Bruno Coutinho," kata seorang warga Goan kepada kantor berita IANS seperti dikutip BBC News.

Tidak hanya itu, menurut surat kabar Times of India, selama peresmian patung, beberapa orang mengibarkan bendera hitam sebagai bentuk protes. 

Tim sepak bola Portugal sangat populer di Goa, dan karena masa lalu kolonialnya, banyak penduduk setempat telah tinggal di Portugal atau memiliki keluarga di sana.

Tetapi beberapa orang di negara bagian India menilai pendirian patung Ronaldo merupakan sebuah penghinaan di saat Goa baru saja memperingati 60 tahun sejak bebas dari Portugis. 

"Mendirikan patung pesepakbola Portugal tahun ini adalah tindakan penghinaan. Kami mengutuk ini. Ada banyak pejuang kemerdekaan di Goa yang telah dihina," kata aktivis sayap kanan Guru Shirodkar.

Cristiano Ronaldo, yang saat ini bermain untuk klub Manchester United, dipuja oleh banyak penggemar dan secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola dunia. Patung Ronaldo di Goa dibangun dengan biaya fantastis yakni 12.000 poundsterling atau senilai Rp230 juta. Kendati demikian, penyerang berusia 36 tahun itu belum berkomentar secara terbuka tentang patung itu.

Sebelumnya, pada 2017 lalu, Ronaldo juga dibuatkan patung di kampung halamannya yang berada di wilayah Madeira, Portugal. Namun, karya seni itu menuai ejekan dari publik karena dianggap memiliki bentuk yang aneh dan tidak mirip dengan parasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini 5 Akun Instagram dengan Followers Terbanyak di Dunia


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading