5 Tanda yang Sering Diabaikan Jika Terpapar Covid-19

Lifestyle - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
24 December 2021 12:31
Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin bersama sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) meninjau secara langsung vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun yang dilaksanakan di SDN 196 Sukarasa, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa, 21 Desember 2021. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid 19 masih belum usai. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang terlihat semakin lalai dengan gejala Covid 19.

Beberapa terkadang juga ada yang abai meski sudah merasakan gejala Covid-19. Kondisi teresebut tentunya sangat berbahaya karena tanda tak disadari itu bisa menularkan ke orang lain.

Berikut adalah tanda yang sering diabaikan jika terpapar Covid-19.


1. Merasa sesak napas

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA menyebutkan bahwa gejala sesak napas akibat COVID-19 bisa bertahan lama. Ini mungkin disebabkan adanya peradangan yang berlangsung cukup lama di paru-paru.

"Kalau sudah begini, mungkin penyakit yang kamu alami sebelumnya adalah COVID," kata dokter spesialis penyakit menular dari Vanderbilt University School of Medicine Dr William Schaffner, MD.

2. Sering sakit kepala

Ahli jantung dari London, Dr Dominic Pimenta

mengatakan sebanyak 70 persen pasien COVID-19 sering mengalami sakit kepala.

Meskipun sakit kepala bukan menjadi gejala utama atau umum dari virus Corona, jika terjadi secara berulang-ulang perlu diwaspadai. Bisa jadi itu adalah gejala atau pertanda bahwa kamu sudah terinfeksi virus Corona.

Untuk memastikannya, segera lakukan tes Corona untuk mengecek apakah kamu benar-benar terinfeksi COVID-19 atau tidak.

3. Flu berat

Gejala yang sering dirasakan pasien Covid 19 adalah flu. Tetapi, gejala flu karena Covid-19 seringkali sulit dibedakan dengan flu biasa, namun, tetap bisa diketahui.

Flu biasa biasanya tidak diikuti gejala lain seperti sesak napas, sakit kepala parah, dan lainnya. Beda dengan flu sebagai tanda Covid 19, yang biasanya akan disertai dengan gejala lain.

Dokter spesialis penyakit menular dari Vanderbilt University School of Medicine Dr William Schaffner, MD, mengatakan sulit untuk membedakan antara flu dan COVID-10 tanpa melakukan tes.

4. Gangguan indra penciuman dan perasa

Hilangnya kemampuan untuk merasakan bau pada hidung dan rasa pada lidah atau disebut Anosmia. Ini bisa menjadi ciri utama kalau terinfeksi Covid-19.

Gejala yang satu ini sering tidak disadari, kehilangan indra penciuman dan pernapasan juga bisa dialami saat seseorang pilek, flu, infeksi sinus, atau alergi. Apalagi tidak semua orang mengalami gejala hilang penciuman dan perasa.

5. Muntah dan diare

Mual, muntah, dan diare juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu terinfeksi virus Corona. Meski jarang, umumnya pasien yang mengalami gejala ini juga disertai gejala khas lain dari COVID-19.

Dari banyaknya pasien COVID-19, hanya ada 4 persen pasien yang didiagnosis positif terinfeksi virus Corona karena mengalami gejala muntah dan diare, tanpa adanya gejala khas lainnya.




[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Nah Lo! Tularkan Covid ke Orang Lain, Pria Ini Dibui 5 Tahun


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading