Internasional

Jangan Kaget, Ini Kota Termahal di Dunia

Lifestyle - Thea Fathanah Arbrar, CNBC Indonesia
02 December 2021 09:19
Tel Aviv, Israel (AP/Tsafrir Abayov)

Jakarta, CNBC Indonesia - Economist Intelligence Unit (EIU) kini merilis daftar kota termahal dunia baru untuk ditempati. Namun tak disangka-sangka, kota tersebut berada di sebuah negeri di mana konflik tak kunjung berakhir, Israel.

Kota itu adalah Tel Aviv. Ini merupakan pertama kalinya Tel Aviv menduduki posisi pertama setelah sebelumnya di posisi ke-5 tahun lalu.




EIU mengatakan bahwa Tel Aviv naik peringkat terutama karena mata uang Israel, shekel, telah melonjak. Shekel perks terhadap dolar AS, dan menuet 4% tahun ini.

Belum lagi keberhasilan peluncuran vaksin Covid-19 Israel, yang merupakan tercepat di dunia. Menurut angka dari Our World in Data, 62% populasi Israel telah divaksinasi penuh.



Disebutkan bahwa sekitar sepersepuluh harga telah mengalami kenaikan di kota itu. Ini merujuk 200 produk dan layanan di 173 kota.

EIU mengatakan bahwa tingkat inflasi dari harga yang dilacaknya telah meningkat sebesar 3,5% tahun-ke-tahun dalam mata uang lokal hingga September 2021 atau naik dari hanya 1,9% pada tahun 2020. Dikatakan ini mewakili laju inflasi tercepat dalam indeksnya selama lima tahun terakhir.

"Masalah rantai pasokan, fluktuasi nilai tukar mata uang dan perubahan permintaan konsumen menyebabkan kenaikan harga komoditas dan barang lainnya," tulis laporan EIU.

"Transportasi mengalami kenaikan biaya terbesar, dengan harga bensin per liter naik rata-rata 21% pada tahun 2021."

Kepala biaya hidup di seluruh dunia di EIU, Upasana Dutt, mengatakan bahwa harga diperkirakan akan naik lebih jauh di banyak kota selama tahun mendatang. Ini karena gaji meningkat.

"Namun, kami juga mengharapkan bank sentral menaikkan suku bunga, hati-hati, untuk membendung inflasi," katanya, seraya menambahkan bahwa kenaikan harga ini harus, oleh karena itu, mulai moderat dari level saat ini.

Sementara itu di peringkat dua, ada ibu kota Prancis, Paris. Tetangga RI, Singapura brada di peringkat yang sama.

Berikut 10 besarnya:

1. Tel Aviv, Israel
2. Paris, Prancis
2. Singapore
4. Zurich, Swiss
5. Hong Kong, China
6. New York, AS
7. Geneva, Swiss
8. Copenhagen, Denmark
9. Los Angeles, AS
10. Osaka, Jepang


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Ancaman Mengerikan, Orang Ramai-ramai Bugil di Israel


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading