Ini 6 Cara Jitu untuk Membasmi Kutu Putih pada Tanaman

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
30 November 2021 17:37
Tanaman Hias Philodendron white knight (Tokopedia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kutu putih adalah salah satu hama yang harus diwaspadai jika Anda merawat tanaman. Dikenal dengan nama whitefly, kutu putih merupakan hama tanaman yang sangat merugikan karena bisa menghisap sari makanan pada tanaman.

Jika hama ini menempel pada daun akan menyebabkan pertumbuhan jamur dan menyebarkan virus ke tanaman tersebut. Selain itu, adanya kutu putih pada tanaman bisa mengganggu penampilan tanaman tersebut.

Pastinya serangan hama ini membuat pemilik tanaman khawatir. Tapi tenang saja, karena di bawah ini akan kita bahas mengenai cara jitu basmi kutu putih pada tanaman.

Cara Membasmi Kutu Putih

Jika tanaman Anda diserang oleh hama kutu putih, ada beberapa cara membasminya yang akan dibahas di bawah ini.

1. Memelihara Pemangsa Alami Kutu Putih

Pertama, Anda bisa memelihara pemangsa alami untuk hama kutu putih. Ini merupakan cara yang paling mudah dan cukup efektif untuk membasmi kutu putih pada tanaman. Adapun hewan-hewan yang merupakan pemangsa alami kutu putih adalah sebagai berikut:

Lacewing atau Lalat Jala Hijau

Minute Pirate Bug (Sejenis Kumbang Bunga)

Laba-Laba

Beberapa jenis Kepik

Selain hewan di atas, Anda bisa membeli bibit parasit kutu putih lalu sebarkan di tanaman. Bibit tersebut bernama Encarsia Formosa atau tawon parasit yang bisa menggerogoti tubuh hama kutu putih.



2. Cabut Daun Tanaman yang Terkena Hama

Jika hama kutu putih sudah menyerang daun tanaman Anda, lebih baik untuk mencabut daun tersebut agar mencegah hama menyebar ke daun dan tanaman lainnya. Telur kutu putih atau kutu muda akan terlihat sangat jelas di bagian bawah daun.

Daun yang terkena hama akan berubah warna menjadi kuning dan akan terlihat sangat rusak bahkan penuh dengan zat lengket. Untuk itu, segera jauhkan tanaman yang sudah terjangkit hama dari tanaman yang sehat.

3. Pasang Perangkap Khusus Hama Kutu Putih

Cara selanjutnya adalah dengan membeli alat perangkap hama kutu putih. Alat ini dijual di pasaran hingga tersedia di e-commerce. Biasanya alat ini berbentuk potongan karton berwarna cerah yang satu sisinya lengket lalu dipasang di tanaman.

Alat perangkap ini sebenarnya bisa Anda buat sendiri. Namun, alat ini hanya mampu menjebak hama kutu putih yang sudah dewasa.

4. Memakai Penyedot Debu atau Semprotan

Sebelumnya disebutkan bahwa kutu putih dewasa bisa dibasmi dengan alat perangkap. Bagaimana dengan kutu putih yang masih muda? Anda bisa membasminya menggunakan selang taman atau semprotan.

Sebenarnya kutu putih dewasa juga bisa dibasmi dengan menggunakan penyedot debu kecil. Lakukan metode ini pada pagi hari, karena gerakan hama ini akan cukup lambat di pagi hari atau ketika cuaca sedang teduh.

Setelah itu, masukkan hama kutu ke kantong kedap udara dan bekukan selama 24 jam. Jika sudah terbunuh, Anda bisa membuang bangkai hama tersebut.


5. Membasmi Sarang Semut

Selanjutnya Anda bisa membasmi sarang semut yang berada di sekitar tanaman. Kenapa? Karena apabila semut hadir di sekitar tanaman yang terdapat hama kutu putih, justru akan mencegah predator alami yang bisa membasmi kutu putih tersebut.

Semut bisa menarik kutu putih untuk datang dan membawa hama tersebut ke tanaman lain sehingga hama akan semakin menyebar di tumbuhan lainnya.

6. Memakai Lapisan Tanah Reflektif

Agar tanaman tidak dihinggapi hama, Anda bisa menggunakan tanah reflektif untuk menutupi tanaman atau menggunakan lembaran kertas aluminium.

Namun, jika ingin menggunakan cara ini, Anda harus mempertimbangkan terkait sistem penyiraman tanaman dan hindari penggunaan di saat cuaca sedang panas-panasnya.

Itu dia informasi seputar cara jitu membasmi kutu putih pada tanaman. Anda bisa langsung menerapkannya pada tanaman-tanaman yang Anda miliki. Selamat mencoba!



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading