Wow! Bunga Langka RI 'Tanaman Penis' Mekar di Belanda

Lifestyle - sef, CNBC Indonesia
01 November 2021 07:20
Bunga bangkai,Amorphophallus titanium (Becc.) Becc mekar Lagi di Kebun Raya Cibodas. (Dok. Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan Badan Riset dan Inovasi Nasional)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bunga langka asal Indonesia yang dijuluki 'tanaman penis' mekar di kebun Universitas Leiden, Belanda. Hal ini merupakan kejadian langka di Eropa.

Mengutip UPI, bunga tersebut dikenal dengan nama ilmiah Amorphophallus decus-silvae. Ia adalah 'sepupu' dari Amorphopallus titanium atau dikenal dengan nama "bunga bangkai" alias bunga Rafflesia arnoldii.


Tanaman ini hanya mekar sekali setiap dua dekade. Amorphophallus decus-silvae sulit mekar di benua itu karena iklim yang berbeda.

"Bunga ini dikenal sebagai 'tanaman penis' karena bentuk lingga saat mekar," tulis media itu, dikutip Senin (1/11/2021).

Masih mengutip laman yang sama, tanaman ini diketahui berumur 6 tahun. Menurut para peneliti, ia bertunas pada pertengahan September.

"Universitas membuat pengaturan untuk memungkinkan masyarakat melihat bunga yang mekar dan merasakan bau busuknya yang terkenal, yang sering dibandingkan dengan daging yang membusuk," ujar universitas.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading