Dear Travelers, Siap-Siap Bangkok Sambut Turis Bulan Depan!

Lifestyle - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
09 September 2021 20:28
Thailand berharap dapat menyambut wisatawan bulan depan. (REUTERS/Jorge Silva/File Photo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Thailand memutuskan untuk memperluas zona wisata bagi para turis yang akan datang ke Thailand dalam masa pandemi. Setelah sebelumnya Phuket yang dibuka, kali ini Negeri Gajah Putih dilaporkan akan membuka Bangkok dan beberapa kota besar lainnya bagi para wisatawan mancanegara pada Oktober 2021.

Pemerintah menyebut langkah ini dilakukan untuk mengembalikan kejayaan industri pariwisata Thailand yang terpuruk hebat akibat pandemi Covid-19. Nantinya turis yang akan diizinkan masuk adalah turis yang sudah divaksin dan telah mengalami screening tertentu.

"Bangkok, Hua Hin, Pattaya dan Chiang Mai akan ditambahkan ke program di mana pengunjung yang divaksinasi penuh yang berkomitmen untuk serangkaian tes dapat masuk, di bawah kriteria tertentu," kata juru bicara pemerintah Thanakorn Wangboonkongchan, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (09/09/2021).


Meski begitu, langkah ini sendiri masih mendapatkan kekhawatiran dari beberapa pihak. Pasalnya, infeksi Covid-19 masih terjadi signifikan di negara itu sejak Agustus lalu. Bahkan, angka kasus harian sempat menembus 23 ribu.

Selain itu, vaksinasi dapat menjadi penghambat. Hingga saat ini baru 34% penduduk Bangkok yang divaksinasi. Secara nasional, baru 15% penduduk yang telah menerima dua dosis penuh.

Para pelaku usaha pariwisata, seperti akomodasi dan transportasi, berharap pemerintah pusat mempercepat pemberian dosis itu kepada masyarakat yang bekerja di sektor ini.

"Kami berharap situasi khusus ini dapat teratasi pada waktunya untuk periode pemesanan kritis ini," kata Frederic Varnier, yang mengelola resor Anantara Minor International di Phuket.

Hingga saat ini Thailand telah mencatatkan 1,3 juta infeksi Covid-19 sejak pandemi melanda. Ini diiringi jumlah kematian sebanyak 13.731 kasus.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading